Sinergitas Humas Setwan dan Wartawan Dalam Mendorong Citra Positif DPRD Jabar

Jabar, Faktabandungraya.com,-- Hubungan kemitraan antara Sekretariat DPRD Jabar dengan Wartawan yang sehari-hari meliput kegiatan di Lingkungan DPRD Jabar sudah berjalan cukup baik, namun dari sisi sinergitas masih perlu ditingkatkan. Agar kedepannya, citra DPRD Jabar akan lebih baik lagi.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Setwan Jabar Drs. Yedi Sunardi yang didampingi Kepala Sub-Bagian (Kasubbag) Perencanaan dan Anggaran Dodi Sukmayana, menilai hubungan kerjama antara Setwan dengan rekan-rekan wartawan yang tergabung dalam Pokja PWI Gedungsate/DPRD sudah berjalan cukup baik. Namun, kedepan tentunya yang masih perlu ditingkatkan lagi yaitu sinergitas. Sehingga sentimen negataif terhadap kinerja DPRD Jabar dapat berupah menjadi positif.

Hal ini disampaikan Yedi dalam acara silaturahmi dengan rekan-rekan wartawan yang sehari-hari meliput dilingkungan DPRD Jabar, Kamis, (18/10-2018).

Silaturahmi tersebut dihadiri oleh wartawan dari berbagai media masa, baik cetak,online/ daring maupun elektronik yang setiap hari melakukan aktivitas jurnalistik di lingkungan DPRD Jabar yang tergabung dalam Pokja PWI Gedungsate/DPRD Jabar.

Kita berharap, rekan-rekan wartawan dapat mendukung sosialisasi dan mempublikasi aktiftas anggota dewan dan kesekretariatan. Untuk itu, tentunya diperlukan akselerasi terobosan baru agar dapat meningkatkan sinergitas dalam mendorong kinerja DPRD Jabar.

"Pada intinya, kami mendorong rekan-rekan pokja wartawan DPRD Jabar untuk bersinergi saling mendukung tupoksi dan untuk menciptakan program atau terobosan yang dapat diwujudkan tahun 2019 mendatang," pintanya.

Yedi berharap Setwan DPRD Jabar dapat bersinergi denganPokja DPRD Jabar untuk menciptakan sinergitas guna meningkatkan produktivitas pemberitaan lingkungan DPRD Jabar.

"Yang lalu biarlah berlalu, kita fokus bersinergi, mari kita bersama-sama meningkatkan kerjasama yang baik dan saling mendukung, agar hubungan Sekretariat Dewan dengan Wartawan kedepan kedepannya lebih baik lagi. harap Yedi.
Senada dengan Kabag Humas, Kasubbag Perencanaan dan Anggaran Dodi Sukmayana pada kesempatan tersebut mengatakan, pemberitaan DPRD Jabar yang menurutnya belum maksimal karena sinergitas antara Wartawan dengan Bagian Humas dibawah kepemimpinan Kabag Humas dan Protokol sebelumnya (Nanang Syarifudin) kurang bersinergi.

Untuk itu, dibawah kepemimpinan Kabag Humas pak Yedi, tentunya kita berharap apa trobosan guna meningkatkan sinergitas sehingga sosilisasi dan publikasi atas aktifitas DPRD Jabar dapat lebih diketahui masyarakat luas, khusus masyarakat Jabar, ujarnya.

Lebih lanjut Dody mengatakan, selaku Kasubag Perencanaan dan Anggaran Setwan,tentunya saya berharap dalam penyusunan Rencana APBD Jabar 2019 khususnya di lingkungan Setwan, dapat mengakomudir aspirasi rekan-rekan wartawan guna meningkatkan hubungan kerjasama yang saling menguntungkan, sehingga masyarakat luas lebih mengetahui Tupoksi Anggota Dewan dan Setwan.

Cukup banyak yang telah dilakukan anggota DPRD Jabar khususnya periode 2014-2019, baik sebagai Legislasi, Penganggaran maupun sebagai Pengawasan. Namun berhubung masih kurang maksimalnya sosialisasi dan publikasi, sehingga masih ada penilaian sintimen negatif dari sebagian masyarakat.

Pada tahun 2019 mendatang, mari kita bersinergi dan meningkatkan kerjasama yang lebih baik lagi. Untuk mengangkat citra DPRD dan Setwan Jabar, pintanya.

Menanggapi harapan dan permintaan Kabag Humas dan Kasubag Perencanaan-Anggaran Setwan, Wakil Ketua Pokja PWI Gedung Sate/ DPRD Jabar, Lyster Marpaung didampingi Wakil Sekretaris Husein Widjaya dan beberapa anggota Pokja mengatakan, pada prinsipnya kami, rekan-rekan wartawan yang tergabung dalam Pokja, siap mendukung, bersinergi dan kerjasama dengan Setwan DPRD Jabar lebih baik lagi.

"Kita juga ingin mendorong agar citra DPRD Jabar kedepan jauh lebih baik lagi", ujar Lyster.

Husein Widjaya menambahkan, kedepan kita berharap, Setwan memalui Bagian Humas dapat mengikutsertakan dan mengijinkan beberapa anggota Pokja Wartawan dalam kegiatan AKD (Alat Kelengkapan Dewan), baik itu dalam rapat kerja maupun saat melakukan kunjungan kerja kelapangan.

Kami juga berharap agar dalam kegiatan penyusunan Raperda baik Raperda yang diusulkan oleh Eksekutif (Pemprov Jabar) maupun Raperda inisiatif DPRD dapat dilibatkan. Hal ini karena sejak reformasi, kami tidak pernah dilibatkan, sehingga kita tidak mengetahui tahapan pembahasan penyusunan raperda yang sedang di kaji dan disusun oleh Pansus (Panitia Khusus).

Selain itu, Perda yang sudah disahkan tidak tersosialisasi dan terpublikasikan, sehingga tidak sedikit, Perda yang sudah menjadi produk hukum yang seharusnya sebagai payung hukum bagaikan macan ompong dan hanya tersimpan di perpustakaan. Dan ditambah lagi tidak ada tindak lanjut turunan dari Perda berupa Pergub,ujar.

Menanggapi permintaan rekan wartawan, Yedi mengatakan, insya Allah, aspirasi rekan-rekan wartawan kita perhatian, dan akan kita sampaikan dan bahas dalam rapim bersama Pak Sekwan.Bahkan kita ingin, seluruh bagian di Setwan dapat menjalin kerjasama dan bersinergi dengan rekan-rekan wartawan. Sehingga seluruh bagian Setwan dapat juga tersosialisasikan dan kinerja DPRD Jabar dapat sentimen positif, tandasnya. (sein).



Kata Bijak Fakta Bandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.