Sinergitas KNPI - Pemprov Jabar Dalam Pemerdayaan Pemuda Kreatif dan Inovasi

Ketua DPD KNPI Jabar Rio F Wilantara di
dampingi Sekretaris Asep Komarudin
Jabar, faktabandungraya.com,-- Pengurus DPD KNPI Jawa Barat dibawah kepemimpinan Rio Febrian Wilantara, siap bersinergi dengan pemerintah provinsi Jabar dalam pemberdayaan pemuda terutama dibidang Ekonomi, Pendidikan, politik dan SDM.

Keempat bidang tersebut diatas, kenapa kita prioritaskan, karena kita menginkan Pemuda Jawa Barat yang mampu menciptakan karya yang penuh inovasi, kreatif dan berdedikasi tinggi dengan memiliki nilai-nilai kejujuran, Cerdas, berani dan kuat serta bertanggungjawa. Dengan tetap berlandaskan Pancasila, Bhenika Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945.

Hal ini dikatakan, Ketua DPD KNPI Jabar Rio Febrian Wilantara didampingi Sekretaris Asep Komarudin saat ditemui, usai mengikuti Hari Sumpah Pemuda ke 90 tingkat Provinsi Jawa di gedung Sate, Senin (29/10-18).

Dikatakan, untuk dibidang Ekonomi, kita akan genjot melalui program pemuda kembali ke desa, menciptakan peluang usaha khusus sektor UKMK.

Di bidang Pendidikan dan SDM, kita ingin seluruh generasi muda tidak ada lagi yang putus sekolah, untuk itu, KNPI Jabar akan bersinergi dengan Pemprov Jabar melalui Dinas Pendidikan dan Dinas Ketenagaraan. Bahkan KNPI tahun depan akan membuat edukasi dimana pemuda memproduksi konten-konten positif dan mendistribusi secara aktif , tidak mudah terprovokasi.

Sedangkan di bidang Politik, kita menginginkan seluruh Pemuda terlibat dalam mensukseskan proses demokrasi diseluruh provinsi Jawa Barat khususnya dan Indonesia pada umumnya, agar senantiasa berjalan dengan aman, tertib, damai, berintegritas, tanpa HOAX, Politisasi SARA dan politik uang serta berdasarkan paraturan perundang-undagan yang berlaku, jelasnya.

Sementara itu, Sektretaris KNPI Jabar Asep Komarudin menambahkan, dalam rangkaian Hari Sumpah pemuda ke 90, tepat tanggal 28 Oktober 2018 , DPD KNPI Jabar juga mengadakan saresehan bekerjasa dengan PMII Jabar dengan mengangkat tema Refleksi Hari Sumpah Pemuda yang dihadiri langsung oleh Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum. Saresehan tersebut menghasilkan Manefisto Pemuda Jawa Barat.
Namun, kita juga telah melakukan seleksi Pemuda Pelopor Jawa Barat yang terbagi dalam 3(tiga) katagori yaitu Anugerah Prakarsa Jawa Barat 2018 dimenangkan oleh Widya Putra; Sri Fitriani dan Iwan Gunawan;

Untuk Katagori Anugerah Inovasi Jabar 2018 dimenangkan Robby Ul Pratama Al Amin; Kuswana,Sp; Ir. Oleh Suparjo. Sedangkan untuk katagori Apresiasi Kepada Wisausaha Muda, Organisasi Kepemudaan dan Pramuka di Jabar 2018 dimenangkan oleh Alfian Pamungkas Sukawiguna; Ageng Sutrisno; Hariska Ferdiansyah; Sarah Nurul Fatimah dan Hera Wijaya.

Selain itu, ada kegiatan yang diselenggrakan oleh Pemprov Jabar yaitu Pemuda Pelopor Provinsi Jawa Barat Tahun 2018 yang dimenangkan oleh 1. Yasser Muhamad Syaeful, Bidang : Pendidikan, Utusan : Kota Bandung; 2. Ari Bayu Purwanto, Bidang : Sumber Daya Alam dan Lingkungan, Utusan : Kota Bekasi; 3. Alvin Renaldi, Bidang : Agama Sosial Budaya dan Pariwisata, Utusan : Kota Sukabumi; 4. Imam Persuwaryantoro, Bidang : Inovasi Teknologi, Utusan : Kota Bekasi.

Bahkan ada juga penghargaan yang diberikan kepada Organisasi Kepemudaan Jawa Barat Tahun 2018, Juara 1. Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia Kota Bandung, Kategori : Tata Kelola Organisasi, Peringkat I skor 70.80; 2. Sapma Pemuda Pancasila Kabupaten Sumedang, Kategori : Tata Program Kreatif, Peringakt II skor 65.75.

Sedangkan untuk juara ke-3 , Workshop Karya Mandiri, Kategori : Lingkungan Hidup, Peringkat I skor 72.37; 4. Daya Mahasiswa Sunda Puseur, Kategori : Seni dan Budaya, Peingkat I skor 72.00; 5. Forza, Kategori : Pengabdian Kepada Masyarakat, Peringkat I skor 72.75. jelasnya. (sein).

Kata Bijak Fakta Bandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.