Tak Ada Kata Libur, Satgas Subsektor 21 Bersihkan Sungai Libatkan Masyarakat


FAKTABANDUNGRAYA.COM, RANCAEKEK - Seperti tak mengenal hari libur, Satgas Citarum Harum terus melakukan upaya mengembalikan ekosistem sungai sesuai amanah Perpres 15 Tahun 2018. Hari ini, Minggu 7 Oktober 2018 Satgas Citarum Sektor 21 serentak di wilayah Subsektor masing-masing serentak melakukan Korve membersihkan sungai dari pencemaran sampah domestik.

Kegiatan Korve Satgas Citarum Sektor 21 yang tersebar di 3 Kabupaten Kota diantaranya, Subsektor 8 / Sungai Ciranjeng, Subsektor 12 Wilayah Soreang dan Kutawaringin, subsektor 05 Wilayah Sukapura & Lengkong, Subsektor 17 Solokan Jeruk, Subsektor 7 Cisangkuy, Subsektor 4 sungai Cidurian, Subsektor 13 Cimteng dan Cimsel, Subsektor 10 Desa Manjung, Subsektor 16 Cicalengka, Subsektor 9/ Ciparay, Subsektor 3 Sungai Cipamokolan, Subsektor 14 sungai Cimahi utara, Subsektor 01 Wilayah Rancaekek, Subsektor 16 Cicalengka

Khususnya di wilayah Subsektor 01 Rancaekek, Dansubsektor Sungai Cikeruh, Kapt Inf Yevi Yuhana melakukan kegiatan kerja bakti bersama masyarakat di bantaran sungai Cikeruh, kampung Babakan Harja, desa Rancaekek Wetan, Kabupaten Bandung.

Masyarakat yang ikut dalam kegiatan kerja bakti mencapai 90 warga, terdiri dari Muspika kecamatan, Pol PP Kec Rancaekek, Linmas Desa, karang taruna, FKPPI, dan masyarakat sekitar bantaran sungai Cikeruh.

Dansektor 21 Kol Inf Yusep Sudrajat, melalui Dansubsektor 01 Rancaekek Kapt Inf Yevi Yuhana mengucapkan terima kasih kepada muspika kecamatan Rancaekek dan warga masyarakat yang telah meluangkan waktunya untuk bersama sama membersikan sungai secara sukarela.

"Kegiatan yang satgas Citarum lakukan bukan hanya menghimbau untuk tidak membuang sampah ke sungai kepada masyarakat , tetapi pengawasan kepada pabrik pabrik yang membuang limbah cairnya ke sungai, dan melakukan penindakan kepada Perusahaan yang membandel dengan melakukan pengecoran Saluran Pembuangan limbah yang di salurkan ke sungai Citarum," papar Kapt Inf Yevi Yuhana yang juga sekaligus Danramil 0927 Cileunyi.

Adapun bagi perusahaan, lanjut Yevi, yang telah melakukan prosedur pengolahan IPAL dengan baik, dan tidak membuang limbahnya ke Sungai, "Satgas mengapresiasi kepada perusahaan yang turut mendukung program Citarum harum Kodam llI Siliwangi, bahwa di 2020 sungai-sungai di wilayah Jawa barat bersih dari sampah dan limbah," ungkapnya.

Sementara hadir dalam kegiatan, Eman Sulaeman selaku Kades Rancaekek Wetan mengungkapkan bahwa kegiatan Kerja Bakti ini akan di programkan dilaksanakan secara kontinyu 1 bulan sekali di wilayah, serta turut mendukung program Citarum Harum.

"Muspika sesuai dengan visi misi Bupati Kabupaten Bandung bahwa sungai di wilayah Kabupaten Bandung di tahun 2020 akan bersih dari sampah," tandasnya.(Cuy)

Kata Bijak Fakta Bandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.