Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Teras Sunda Cibiru Jadi Destinasi Baru Wisata Kota Bandung

Rabu, 31 Oktober 2018 | 14:40 WIB Last Updated 2018-11-13T07:41:14Z
BANDUNG, faktabandungraya.com,--- Kota Bandung kini memiliki destinasi baru wisata yaitu Teras Sunda Cibiru di Kecamatan Cibiru. Teras Sunda Cibiru ini akan difungsikan sebagai pusat pengembangan seni dan budaya.

Teras Sunda terletak di Jalan Jend. A.H. Nasution, Kelurahan Cipadung, Kecamatan Cibiru. Pusat pengembangan seni dan budaya ini, seperti dikemukakan Mang Oded, memang dirancang sebagai destinasi baru wisata di Kota Bandung.

“ Teras Sunda harus menjadi destinasi wisata. Wisatawan harus datang ke sini. Ibaratnya, kalau ke Mekah belum lengkap kalau tidak ke Madinah. Ke Kota Bandung juga belum lengkap kalau belum datang ke Teras Sunda," kata Oded M. Danial dalam sambutannya saat meresmikan Teras Sunda Cibiru sebagai destinasi baru wisata di Kota Bandung, Rabu (31/10-18).

Mang Oded panggilan akrab Walikota Bandung ini, meminta supaya pengelola Teras Sunda harus menggelar beragam acara seni budaya di setiap akhir pekan. Sehingga wisatawan yang datang bisa menikmati atraksi kesenian.

"Kalau itu bisa dilakukan, maka bakal banyak wisatawan yang datang ke Teras Sunda ini," ujarnya.

Mang Oded mengingatkan, untuk menghadirkan wisatawan tak hanya cukup dengan atraksi. Teras Sunda juga harus menghadirkan kenyamanan dan keamanan bagi para wisatawan. Teras Sunda harus tetap bersih dan asri.

"Toiletnya juga tolong dirawat. Ini pesan saya, tolong rawat Teras Sunda ini," pintanya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bandung, Kenny Dewi Kaniarsari mengatakan, pembangunan Teras Sunda menggunakan anggaran sekitar Rp7,9 miliar. Anggaran tersebut untuk membangun aula, rumah seniman, tempat workshop, dan musola. Sedang untuk interior, baru akan dianggarkan pada tahun 2019 mendatang.

"Tempat ini memang akan menjadi laboratorium seniman Kota Bandung. Para seniman berkarya dan menciptakan seninya di sini. Kemudian juga bisa dipamerkan atau dipertunjukan di sini juga," tutur Kenny.

Sama seperti Mang Oded, Kenny juga berharap, seniman dan warga yang aktif di Teras Sunda ikut merawatnya. Karena merawat akan lebih sulit dibandingkan sekadar membangun.

"Mari kita rawat dan jaga bersama-sama Teras Sunda Cibiru ini," pinta Kenny.

Bangunan Teras Sunda didominasi oleh bambu yang menjadi salah sati ciri budaya Sunda. Bambu juga dinilai lebih dekat dengan alam. (hms/sein).
×
Berita Terbaru Update