Memasuki Musim Hujan, Satgas Sektor 21 Makin Intensif Bersihkan Aliran Sungai

FAKTABANDUNGRAYA.COM, BANDUNG - Memasuki musim penghujan potensi peningkatan debit air sungai semakin meningkat yang bisa berdampak bagi warga di sekitar bantaran sungai.

Mengantisipasi hal tersebut, sesuai instruksi Komandan Sektor 21 Kol Inf Yusep Sudrajat kepada 17 Subsektor dibawahnya terus melakukan upaya meminimalisir dampak yang bisa ditimbulkan, melalui pembersihan sampah di sungai, membenahi bantaran sungai, hingga mengawasi praktek pembuangan limbah kotor industri dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dalam upaya menimalisir potensi banjir dan terjadi penyumbatan aliran sungai karena sampah, Satgas Citarum melakukan pembersihan melibatkan bersama warga sekitar bantaran sungai, seperti halnya kegiatan yang dilakukan oleh Satgas Citarum Subsektor 21-15 Sumedang.

Satgas bersama sekitar 50 warga melaksanakan giat pembersihan di sungai Cimande, desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Kamis (8/11). Hal yang hampir sama juga dilakukan Satgas Subsektor 21-16 Cicalengka, dengan melibatkan anggota Linmas dan Gober membersihkan sungai Cibodas.

Tak hanya melakukan pembersihan sungai, tim satgas Subsektor 21-16 melanjutkan kegiatan patroli ke titik-titik lubang pembuangan limbah industri yang dibuang ke aliran sungai.

Sementara Satgas Subsektor 21-15 Sumedang, usai melaksanakan kegiatan bebersih bersama warga, berencana akan membangun taman di sekitar bantaran sungai.

"Air sungai Cimande termasuk air yang paling steril dari limbah dan kami sesuai keinginan Komandan Sektor berencana membuat taman bermain anak dan warga sekitar di wilayah Sungai Cimande dan apabila terealisasi Semoga nant bisa di manfaatkan oleh warga desa," ujar Serka Erik, Dansubsektor 21-15 Sumedang.

Hal serupa juga telah dilakukan oleh Satgas Subsektor 21-01 Rancaekek, saat ini tengah melakukan tahap penyelesaian pembuatan taman di bantaran sunpembersihan sampah di aliran Sungai Citarik, kampung Bojong Baraja RT. 02 RW. 08 Desa Haurpugur Kecamatan Rancaekek.

"Dengan adanya taman bermain agar lingkungan asri dan indah serta masyarakat supaya lebih peduli terhadap kebersihan dilingkungannya," ujar Kapt Ujang Mulyana, Dansubsektor 21-01 Rancaekek.

"Ini juga bertujuan untuk memberikan contoh terhadap masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan dan keindahan di lingkungan," pungkasnya. (Cuy/rls)

Kata Bijak Fakta Bandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.