Pergoki Buang Limbah Kotor Saat Libur, Satgas Subsektor 21-07 Tutup Lubang Pembuangan PT Papyrus Sakti


FAKTABANDUNGRAYA.COM, BANJARAN - Pergoki buang limbah kotor langsung ke sungai, Satgas Sektor 21 Subsektor 07 Cisangkuy tutup lubang pembuangan perusahaan pengolahan kertas PT Papyrus Sakti Papper Mill, Jalan Raya Banjaran Km 16.2, Kabupaten Bandung.

Penutupan lubang pembuangan dilakukan anggota satgas subsektor 21-07, atas perintah dan petunjuk Dansektor 21 setelah menerima laporan bukti visual berupa foto dan video dari temuan anggota satgas.


Di lokasi kejadian, Pasiminlog Sektor 21 Letda Saniyo yang memimpin langsung penutupan ini, menjelaskan bahwa penutupan ini berdasarkan hasil temuan anggota satgas subsektor cisangkuy saat melakukan patroli rutin harian. "Awalnya sekitar pukul 10 pagi anggota mendapati aliran sungai ada indikasi pencemaran, setelah ditelusuri dan dilakukan penyisiran ditemukan pt Papyrus ini keluarkan limbah pekat berwarna putih," jelas Letda Saniyo, Rabu (2/01/19).

Meski sebagian besar anggota satgas citarum sedang masa liburan, tapi jangan dikira sungai lepas dari pengawasan satgas, hal ini dibuktikan oleh Satgas Subsektor 21-07 Cisangkuy yang merespon cepat temuan pencemaran aliran sungai.

Di lokasi pabrik, Bunyamin selaku Manajer Lingkungan PT Papyrus Sakti menyangkal jika kejadian ini sengaja dilakukan dengan memanfaatkan masa liburan satgas. "Saya sendiri sangat kaget, karena ini kejadian pertama setelah bertahun tahun. Terus terang 30 tahun saya bekerja disini belum pernah terjadi kejadian seperti ini," ungkapnya.

"Kejadian ini menjadi pembelajaran buat kami, upaya yang kami lakukan saat ini, kami sudah stop produksi, upaya selanjutnya kami mengurangi beban di kualifier, menarik ke alat pengering lumpur, dan mengalirkan ke sirkulasi sirkulasi" ujar Agus Kepala IPAL. (Cuy/)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.