Satgas Citarum Pastikan Komitmen Industri Melalui Pengecekan Rutin IPAL Pabrik


FAKTABANDUNGRAYA.COM, BANDUNG - Satgas Citarum Subsektor 21-13 Cimahi lakukan pengecekan rutin harian di 3 industri penghasil limbah cair di wilayah Kota Cimahi, Senin (14/1/19). Tiga industri yang dilakukan pengecekan diantaranya, PT Kamarga, PT Kahatex, dan PT Trisula Tekstil, dalam kesempatan ini, 12 anggota Satgas Subsektor 21-13 Cimahi melakukan pengecekan disaksikan bersama penggiat lingkungan, yakni Rekam Nusantara Foundation.

Pengecekan ini dilakukan untuk memastikan para pelaku industri konsisten dalam menghasilkan pengolahan limbah yang sesuai parameter yang selama ini diterapkan satgas Citarum, melalui amanah Perpres Nomor 15 Tahun 2018. Hal itu disampaikan Dansubsektor 21-13 Mayor Inf Mamin Masturi, melalui keterangan yang dilaporkan kepada Komandan Sektor 21 Kol Inf Yusep Sudrajat.

 "Kegiatan hari ini satgas subsektor cimahi tengah dan cimahi selatan melakukan pengecekan di tiga industri, pada kesempatan ini satgas ditemani oleh salahsatu pemerhati dan penggiat lingkungan, rekam nusantara foundation," ujarnya.

Adapun hasil pengecekan, kata Mayor Mamin, dari ketiga pabrik yang dilakukan pengecekan kami masih menyimpulkan pabrik tersebut masih konsisten menjaga hasil pengolahan dengan baik, "air limbah jernih dan ikan hidup di kolam outlet pembuangan," tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, dari pantauan di lapangan, kami juga melaporkan kepada komando atas terkait progres instalasi yang sedang dikerjakan oleh pabrik atau industri guna meningkatkan hasil pengolahan limbah.

"Dari hasil pengecekan hari ini, ketiga pabrik masih sesuai komitmen dengan tidak membuang limbah kotor ke sungai, itu artinya para pelaku industri yang kami cek masih konsisten menghasilkan limbah yang sesuai dan mendukung dalam mengembalikan kelestarian sungai demi tercapainya tujuan program citarum harum," pungkasnya. (Cuy/rls).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.