Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Meningkatkan Sinergitas Program, KKBPK Gelar Rakerda Tingkat Jabar 2019

Jabar, faktabandungraya.com,--- Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional ( BKKBN) mendapat mandat untuk mewujudkan Agenda Prioritas Pembangunan Nasional (Nawacita) terutama pada Cita ke-3, Cita ke-5 dan Cita ke-8. Untuk mewujudkan visi-misi Nawacita tersebut dijabarkan dalam Program dan Kegiatan Prioritas melalui Rencana Strategis (Renstra) BKKBN 2014 – 2019 dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2019.

Dalam upaya pencapaian sasaran strategis yang belum tercapai tersebut, BKKBN mengambil langkah penguatan Program KKBPK yang benar – benar memiliki daya ungkit terhadap upaya pencapaian target atau sasaran program serta penguatan kegiatan – kegiatan prioritas secara komprehensif dan berkelanjutan di seluruh tingkatan wilayah.

Kedepan, diharapkan BKKBN dapat berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan, terutama dalam menyusun, mengembangkan dan menindaklanjuti berbagai kebijakan dan strategi Pembangunan kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga, sehingga pelaksanaan program dan kegiatannya dapat memberikan manfaat secara langsung bagi masyarakat.

Kebijakan dan strategi Program Kependudukan, KB, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) perlu lebih diarahkan kepada peningkatan sinergitas, komitmen, dukungan dan kerjasama antara pemerintah, pemerintah daerah dan mitra kerja dalam pengelolaan dan pelaksanaan program KKBPK di semua tingkatan wilayah.

Melalui kegiatan sinergitas dan kemitraan seperti itu, diharapkan manfaat program KKBPK dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat baik perkotaan maupun pedesaan, termasuk masyarakat kurang mampu yang bertempat tinggal di wilayah padat penduduk, wilayah nelayan, daerah terpencil, tertinggal, perbatasan dan sebagainya.

Dalam upaya untuk memastikan bahwa seluruh arah dan kebijakan serta strategi yang disusun dapat terlaksana dengan terarah, efektif dan efisien guna pencapaian target/sasaran RPJMN 2015-2019 yang terakhir di tahun 2019 ini.

RAKERDA dilaksanakan hari Minggu-Selasa tanggal 24-26 Maret 2019 di Grand Aquila Hotel dengan penyaji Sekretari Jawa Barat, SESTAMA BKKBN, Rektor Universitas Padjajaran, Kepala Bappeda Provinsi Jawa Barat, Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat, Kepala DP3AKB Jawa Barat, Kepala DPMDes Provinsi, Ketua Koalisi Kependudukan Indonesia, Kepala BNN Provinsi, Ketua TP PKK tentang “Peran TP. PKK dan dihadiri oleh OPDKB dari 27 Kab/Kota dan 87 mitra kerja.,

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah terwujudnya Komitmen dan Rencana Kerja Program KKBPK yang Kongkrit di Tingkat Provinsi dan Kabupaten dan Kota di Jawa Barat, menguatnya Program KKBPK Dalam Program Prioritas di Tingkat Provinsi dan Kabupaten dan Kota di Jawa Barat, terwujudnya Kampung KB Sebagai Episentrum Program KKBPK, meningkatnya Akses Dan Kualitas Pelayanan KKBPK, meningkatnya Kinerja Penyuluh KB, meningkatnya Cakupan Program Advokasi dan KIE, dan meningkatnya Aksi Kemitraan & Jejaring Kerja Program KKBPK. (red).

Posting Komentar

0 Komentar