Ineu Purwadewi : Spirit RA Kartini Masih Relevan Bagi “Perempuan Zaman Now”


Jabar, Faktabandungraya.com,--- Raden Adjeng Kartini merupakan salah seorang pahlawan nasional yang telah menorehkan semangat perjuangan bagi kaum perempuan Indonesia. Untuk mengenang jasa-jasa RA.Kartini, maka setiap tanggal 21 April, diperingati sebagai hari Kartini.

Menurut Ketua DPRD Jabar , Hj.Ineu Purwadewi Sundari, nilai-nilai kejuangan dan spirit yang telah dipelopori oleh ibu RA Kartini hampir seratus tahun lalu, sampai saat ini masih sangat relevan dijadikan contoh oleh kaum "perempuan zaman now".

Berkat perjuangan ibu Kartini, akhirnya perempuan Indonesia mendapatkan kesetaraan dalam beberapa lapisan masyarakat dan berbagai bidang. Jadi semangat, inspirasi dan spiritnya bagi perempuan Indonesia yang telah dicontohkan RA Kartini sampai saat ini masih sangat relevan dengan perempuan zaman now. Karena nilai-nilai perjuangan yang dibawa oleh Kartini itu universal ya, yakni semangat untuk kaum perempuan menjadi lebih baik lagi," kata Ineu Purwadewi Sundari, di Bandung, Minggu (21/4-2019).

Dikatakan, perjuangan RA Kartini pada masanya sangat luar biasa dan berkat jasa dan perjuangannya saat ini kaum perempuan di Indonesia dapat berkiprah dan setara dengan kaum pria terutama dalam hal aktualisasi diri.

"Dulu perempuan Indonesia hanya mengenal Kasur, Dapur dan Sumur, namun, berkat perjuangan RA Kartini, kini perempuan Indonesia sudah jauh lebih maju. Dari sisi pendidikan sudah sangat banyak yang berpendidikan tinggi bahkan kini perempuan sudah disetarakan kedudukannya dalam berbagai bidang. “, kata Politisi Perempuan PDI Perjuangan ini.

Lebih lanjut Ineu Purwadewi Sundari yang merupakan perempuan pertama menjadi Ketua DPRD Jabar (2014-2019)mengatakan, seiring dengan kemajuan teknologi dan perubahan social, tentunya kaum perempuan harus mampu menghadapi tantangan sesuai dengan kemampuan dan bidang yang digeluti. Apalagi berkiprah di bidang Politik dan Legislatif.

Namun, Ineu juga mengingatkan, sebagai perempuan karier, tentunya kita juga tidak boleh melupakan kodrat dasar seorang perempuan dan ibu rumah tangga.

Jadi handaknya emansipasi wanita, jangan sampai kebablasan. Sebagai ibu anak-anak dan istri, kita harus tetap memperhatikan rumah tangga. Bahkan nilai-nilai perjuangan Kartini yang tetap mengingatkan agar kaum perempuan yang berkarier harus tetap memperhatian dan mendidik anak-anaknya sebagai generasi penerus bangsa, tandasnya.(red)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.