Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Kasdam III/Siliwangi Memberikan Pengarahan Kepada Orang Tua/Wali Calon Taruna

Kamis, 25 April 2019 | 15:17 WIB Last Updated 2019-04-25T08:17:30Z
FAKTABANDUNGRAYA.COM, CIMAHI - Ribuan pemuda Jawa Barat siap medaftarkan dirinya untuk bergabung menjadi Prajurit TNI, guna mengabdikan dirinya untuk menjaga keutahan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) melalui TNI.

Hari ini Kasdam III/ Siliwangi Brigjen TNI Dwi Jati Utomo, S.I.P, M.Tr (Han) memberikan informasi, pemahaman dan pengertian tentang proses seleksi Calon Taruna dari mulai tahap penfataran hingga menuju keseleksi-seleksi selanjutnya.

Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Dwi Jati Utomo menyampaikan bahwa, hari ini adalah hari dilaksanakan pemberian informasi atau pembekalan untuk para calon Taruna Akmil tahun 2019 dan orang tua atau wali.

“Seperti yang werving-werving dilaksanakan tahun sebelumnya, tahun 2019 ini juga akan menggunakan sistem yang sama penyeleksian dari tingkat pemeriksaan awal atau uji awal kemudian nanti dilanjutkan tingkat  panitia daerah (Panda) dan bagi yang lolos dari seleksi Pandan akan berlanjut mengikuti seleksi pusat di Magelang," jelas Kasdam.

Nanti, lanjut Kasdam, pemeriksaan awal dilaksanakan di Kodam III/Siliwangi di Mako 2, disitulah akan dilaksanakannya kegiatan pemeriksaan awal yang rencananya akan dilaksanakan dari mulai tanggal 29 April sampai dengan 9 Mei 2019 dan yang paling terakhir nanti tanggal 10 Mei dilaksanakan Parade untuk menentukan atau mengumumkan sesuai dengan alokasi menuju pemeriksa uji tingkat Panda 88 orang.

Sampai saat ini, “animo untuk Kota Bandung dan sekitarnya 760 orang, ini belum yang dari Korem-Korem. Sampai saat ini alokasi untuk Korem 061/SK Bogor ada 80 orang, Korem 062/TN Garut 50 orang, dan Korem Cirebon 70 orang,  mereka akan bergabung pada saat nanti Parade. Jadi, seluruhnya animo pendaftaran tahun ini diperkirakan 1.200 orang," ungkap Kasdam . 

Kemudian, “ setelah nanti pemeriksaan di Panda 88 orang, nanti akan diseleksi lagi menjadi 22 orang, 21 orang jurusan IPA dan 1 orang jurusan IPS. Kemudian disana nanti mengikuti seleksi Tingkat Pusat di Magelang," ujarnya.

"Alokasi Taruna tahun ini keseluruhan 350 orang untuk Panda Jawa Barat atau  Kodam III/Siliwangi mendapat  alokasi 22 orang, mudah-mudahan bisa menambah alokasi apabila Panda-panda lain animonya kurang.
Persaingan ini berat, tetapi kalau adek-adek Calon Taruna ini mempersiapkan diri lebih awal, kemudian sudah tau materi tesnya seperti itu saya yakin ikut yang 22 orang tadi. Kalau memang masih belum beruntung pengalaman tahun ini digunakan untuk tahun depan, ini bagi yang belum beruntung, " imbuhnya. 

Pesan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono selaku Ketua Panda bahwa, “ seleksi penerimaan Calon Taruna ini tidak membayar, gratis dan tidak dipungut biaya. Karena para Calon Taruna itu merupakan calon pemimpin bangsa, jadi rekrutnya transparan serba terbuka, ini kompetisi siapa yang lebih siap dia yang akan berhasil," tuturnya.

"Bagi para calon Taruna, anda sudah tau materi yang akan diteskan seperti itu,  maka persiapkan diri kalau memang belum maksimal, masih ada waktu untuk mempersiakan diri semaksimal mungkin," pungkas Kasdam.

Hadir pada kegiatan ini diantaranya, Irdam III/Siliwangi, Kajasdam III/Siliwangi, Kaajendam III/Siliwangi, Danbrig 15/Kujang, Wakakesdam III/Siliwangi, Waaspers Kasdam III/Siliwangi, Wakaajendam III/Siliwangi dan Pabandya skrining. (Cuy/Pendam III)
×
Berita Terbaru Update