Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Daddy : Pembangunan D.I Caringin -Sukabumi Dilanjutkan Sampai Tuntas

Kamis, 09 Mei 2019 | 17:23 WIB Last Updated 2019-05-09T10:25:11Z
JABAR, Faktabandungraya.com,-- Pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR sudah menganggarkan dana sebesar Rp.50 Miliar untuk penuntasan pembangunan Daerah Irigasi (D.I) Caringin Sukabumi yang sempat tertunda pada tahun 2018 akan dilanjutkan ditahun 2019 ini sampai tuntas.

Menurut Wakil Ketua Komisi IV DPRD Jabar, H. Daddy Rohanady, kepastian melanjutkan pembangunan D.I Caringin setelah pihak Kementerian PUPR menggelontorkan anggaran dalam bentuk DAK ( Dana Alokasi Khusus) sebesar Rp. 50miliar.

Dengan anggaran sebesar Rp.50 miliar dari APBD tersebut, kita harapkan pembangunan DI. Caringin sampai tuntas, kata Daddy Rohanady saat dihubungi melalui telepon selulernya, Bandung, Kamis,(9/5/2019).

DI Caringin Sukabumi merupakan salah satu proyek strategis Jawa Barat yang terletak di Kabupaten Sukabumi dibiayai oleh APBN melalui Dana Alokasi Khusus (DAK). Maka, DI tersebut ditangani Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Wilayah Sungai Cisadea-Cibareno. Pada tahun 2018 di DI tersebut dibangun bendungan yang akan mengairi DI sekitar 2.500 hektare. Selain bendungan, dibangun pula saluran irigasi primer.

Dalam pembangunannya ternyata tidak selesai pada tahun 2018. Selain alokasi anggaran yang digelontorkan Kementerian PUPR melalui dana alokasi khusus (DAK) dilakukan secara bertahap, terjadi musibah pula. Sebagian bangunan tergerus banjir. Hasilnya sudah dapat diduga: penanganan DI Caringin masih belum tuntas.

Padahal, DI Caringin merupakan satu-satunya penanganan DI yang diharapkan digarap secara tuntas. Bahkan, dengan adanya penanganan DI tersebut, penanganan rehab di DI lainnya "ditunda".

"Dalam catatan saya, semua DAK ke Dinas PSDA hanya dialokasikan untuk menangani DI Caringin, yakni sekitar Rp 50 miliar plus DI Cibutul sekitar Rp 10 miliar," ujar Daddy yang juga merupakan Sekretaris Fraksi Partai Gerindra.

Daddy menegaskan bahwa konsultasi yang dilakukan Komisi IV kali ini adalah untuk memastikan soal pengerjaan DI Caringin ke depan dan penanganan daerah irigasi lainnya di Jabar.

Daddy menyampaikan bahwa rombongan dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPRD Jabar yang juga Koordinator Komisi IV Abdul Harris Bobihoe dan Ketua Komisi IV Ali Hasan. Turut pula hampir seluruh anggota komisi yang memang membidangi pembangunan/infrastruktur tersebut.

"Kami ingin mendapat penegasan langsung bahwa penanganan DI Caringin akan dilanjutkan. Selain itu, kami juga ingin agar pemerintah Pusat, dalam hal ini via Ditjen SDA Kementerian PUPR, memprioritaskan penanganan beberapa DI di Jabar secara tuntas. Kami ingin, minimal satu UPTD ada satu DI digarap tuntas," ujar Daddy.

Ketika ditanya manfaat yang bisa dipetik dari penanganan rehab DI secara tuntas, Daddy menjelaskan bahwa, "Hal itu akan meningkatkan luas sawah yang terairi secara baik. Jika hal itu terwujud, intensitas tanam kita pun akan naik. Akhirnya, produksi padi Jabar akan meningkat. Logikanya, kesejahteraan petani akan meningkat pula. Jabar benar- benar akan menjadi provinsi yang memiliki ketahanan pangan daerah sesuai amanat Perda yang sudah ada."

"Semoga pemerintah Pusat melaksanakan komitmen tersebut," pungkas perwakilan Gerindra dari Dapil Cirebon-Indramayu tersebut. (sein/red).
×
Berita Terbaru Update