Healed.ID Website Konseling Pertama Di Kota Bandung

FAKTABANDUNGRAYA.COM, BANDUNG – Layanan konseling berbasis web pertama hadir di Kota Kembang. Ya, Healed.ID website yang ditujukan untuk membantu users (klien) membuat appointment dengan konselor dan psikolog melalui website. Hal ini dikatakan oleh Gina Mardiana Owner Healed.ID, di Bandung, Jumat (12/7/19).

Diterangkan Gina, mental health kini sedang menjadi isu hangat dan mulai mendapatkan perhatian masyarakat dengan banyaknya organisasi dan komunitas serupa.

Healed.ID startup yang bergerak di bidang layanan psikologi, didirikan dan berbasis di Bandung pada Oktober 2018. Pertama di Bandung, Healed.ID ingin menjadi pelopor untuk terbentuknya support group di Bandung. Agar masyarakat tidak lagi malu, tidak lagi takut untuk mencari bantuan professional jika merasa ada yang tidak nyaman dengan dirinya.

Karena jiwa yang sehat dan bahagia dapat meningkatkan produktivitas, utamanya dengan tingkat stress yang tinggi di kota-kota besar.

Hal ini menjadi gagasan awal pembentukan Healed.ID oleh Gina Mardiana dan Ibni Yantoni sebagai owner dari pendiri Healed.ID.

“Hal ini memang yang pertama di Bandung, di jakarta memang sudah ada tetapi masih menjadi hal yang tabu dan tidak umum untuk masyarakat dan hal ini menjadi tantangan tersendiri khususnya bagi kami untuk penetrasi ketika kita harus bilang kalo ada semacam support grup untuk penderita mental illness,” ujar Gina.

Kejadian ini dipicu oleh rendahnya kesadaran mental di masyarakat, karena mereka hanya fokus dengan pekerjaan, kuliah dan kegiatan lainnya yang secara tidak disadari mengancam kesehatan mental mereka.

Diyakini sebagian masyarakat tidak bisa membedakan antara stress, frustasi dan depresi, mereka cenderung menyepelekan ketiga faktor tersebut yang bisa saja ujungnya membawa mereka ke keinginan untuk mengakhiri hidup dalam arti bunuh diri.

Maka untuk menekan keinginan bunuh diri itu, diperlukan kesadara besar masyarakat luas untuk menceritakan kesehatan mentalnya, salah satu kunci nya yaitu keterbukaan.

Keterbukaan dalam mencurahkan masalah yang dihadapi tanpa merasa malu. Setiap orang memiliki peluang terganggunya kesehatan mental, perlu diwaspadai karena gangguan ini muncul karena suatu hal, ada yang disebabkan stress kerjaan, tekanan di lingkungan, mental yang terganggu, bisa juga hingga membutuhkan perawatan khusus di rumah sakit.

Namun, seperti fenomena gunung es, awareness ini hanya terlihat di permukaan. Sementara masih banyak masyarakat Indonesia yang masih merasa tabu untuk pergi ke konselor atau psikolog untuk mendapatkan pertolongan. Website dibuat sebagai platform agar masyarakat bisa mendapatkan layanan psikologi yang mudah, cepat, terjangkau, dan tentu saja terjaga privasinya.

Sambutan hangat dari masyarakat membuat Healed.ID menginisiasikan sebuah program yang dirilis tanggal 12 Juli 2019, bertajuk support group by Healed.

“Support Group ini merupakan metode terapi kelompok sebagai forum berbagi cerita. Dibuat untuk orang-orang yang sedang mengalami stress atau depresi lainnya agar mereka tidak merasa seorang diri. Sehingga bisa berbagi, mengerti, dan menguatkan satu sama lain. Forum ini dibawah supervisi dan didampingi oleh psikolog,” pungkas Gina. (Cuy/SR)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.