Momentum HUT Ke 74 RI, Mahasiswa KKN UPI Cibiru Tanam 74 Pohon di Bantaran Citarum

BANDUNG, faktabandungraya.com,--- Momentum HUT ke 74 RI, Mahasiswa KKN Tematik Citarum Harum Pentahelix UPI Kampus Cibiru 2019 menggelar kegiatan penanaman pohon di bantaran sungai Citarum, tepatnya di RW 05 Desa Sumbersari, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, Selasa (13/8/19).

Menyesuaikan dengan hari kemerdekaan RI yang tepat ke 74 tahun, mahasiswa KKN Upi Cibiru menyebut kegiatan ini dengan tema 'Penanaman 74  Bibit Pohon  untuk 74 Tahun indonesia'. Hal ini diungkapkan Hana Al Mumtahanah selaku humas mahasiswa KKN UPI Cibiru.


Dijelaskan Hana, Ada 74 pohon jenis Mahoni yang ditanam atas sumbangan dari perpustakaan alam Malabar. "Kegiatan penanaman pohon di bantaran sungai diikuti oleh mahasiswa UPI sebanyak 40 orang, dan dibantu juga oleh satgas  citarum harum sektor 5," ujarnya.


Kegiatan penanaman pohon kali ini, kata Hana, dilakukan oleh gabungan 4 kelompok Mahasiswa KKN Citarum, diantaranya kelompok 11, 12, 17 dan 18. "Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga  alam agar kembali hijau, khususnya  sungai Citarum,  akar pohonnya  pun bisa menahan tanah dengan   kuat  dan juga pohon-pohon ini   nantinya  dapat   menahan   erosi yanga berada di bantaran sungai," terangnya.


"Selain itu tujuan kegiatan ini juga sebagai bentuk peringatan ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang ke 74 tahun," imbuh Hana.

Dalam  acara tersebut dihadiri oleh Bapak Kepala Desa Sumbersari yaitu Bapak Irfan faturohman, Babinsa  Desa Sumbersari Yadi Mulyadi, Babinsakamtibnas Sahma, Dosen Pembimbing Lapangan Tin Rustini dan aktifis lingkungan dan pengelolaan  bank sampah Asep Supriyadi.


Hana juga menambahkan bahwa, pohon yang telah ditanam, nantinya setiap sore pohon itu secara bergantian akan disiram oleh setiap kelompok agar pohon bisa  tumbuh dengan baik.

"Melalui  kegiatan ini diharapkan bisa  memberikan penghijauan dan sumbangan oksigen, khususnya untuk desa sumbersari dan bisa menjadikan sungai citarum asri dan sejuk," tandasnya. (Cuy).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.