Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

TP4D Sulsel Dukung Penuh Kegiatan RHL Yang Dilaksanakan Oleh BPDASHL Jeneberang Saddang

Rabu, 27 November 2019 | 15:09 WIB Last Updated 2019-11-27T08:10:11Z
SULSEL, Faktabandungraya.com,--- Kegiatan rehabilitasi hutan dan lahan seluas 19.600 ha tahun 2019 yang tengah dilaksanakan oleh Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Jeneberang Saddang- Sulawesi Selatan yang merupakan salah satu UPT Kementerian LHK RI di provinsi Sulsel mendapat dukungan penuh dari Tim Pengawal Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Provinsi Sulawesi Selatan.

“Alhamdulillah, kegiatan rahabilitasi hutan dan lahan seluas 19.600 ha di Provinsi Sulawesi Selatan yang dilaksanakan oleh BPDASHL Jeneberang Saddang tahun 2019” mendapat dukungan penuh dari TP4D Kejati Sulsel, Pemda dan seluruh stakeholder, ujar Kepala BPDASHL Jeneberang Saddang, Entan Sofyan.

Menurut Kelapa BPDASHL Jeneberang Saddang, Entan Sofyan, rahabilitasi hutan dan lahan seluas 19.600 ha di provinsi Sulsel yang tengah berjalan mendapat pendampingan dan pengawalan dari Tim Pengawal Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Provinsi Sulawesi Selatan. Hal ini demi kelancaran pelaksanaan RHL di Provinsi Sulsel tahun 2019.

Program RHL tahun 2019 di Provinsi Sulsel yang dilaksanakan oleh BPDASHL Jeneberang Saddang merupakan program prioritas nasional, untuk itu tentunya kita sangat membutuhkan dukungan dari TP4D Sulsel, Kejati, Pemprov Sulsel dan stakeholder terkait yang ada di provinsi Sulsel ini, ujar Kepala BPDASHL Jeneberang Saddang saat dihubungi melalui telepon selulernya, Rabu (27/11/2019).

Sementara itu, terkait dukungan dari Kejati Sulsel, Entan Sofyan mengatakan, kegiatan RHL 2019 di provinsi Sulsel, pihak Kejati Sulsel melalui Asisten Intel Kejati, Pak Hermon sangat mendukung dan bahkan kini sedang dilakukan evaluasi pelaksanaan kegiatan RHL 2019 ini.

Sebagaimana diketahui, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), saat Rapat Persiapan Pelaksanaan Kegiatan RHL 2019 di Makassar, Jumat, 1 Februari 2019 telah memberikan arahan langsung kepada BPDAS-HL se-Indonesia.

Dalam arahannya, Menteri LHK, Siti Nurbaya mengajak seluruh aparat yang diberi tanggungjawab oleh negara untuk menangani persoalan ini secara menyeluruh.

Menteri Siti, DAS merupakan bentang alam dengan segala fungsi dan kebijakan yang ada di dalamnya, harus dikelola bersama pemangku kepentingan.

Orientasi kebijakannya, menurut Menteri Siti adalah untuk menyelamatkan danau, waduk, pemukiman serta obyek wisata alam. Kemudian memberikan perluasan kesempatan kerja, mendorong dan antisipasi industri kayu rakyat, juga memberikan manfaat ekonomi rakyat di masa depan.

Berdasarkan orientasi kebijakan di atas, Menteri Siti berharap agar kegiatan RHL tidak hanya selesai pada penanaman, tetapi dipikirkan juga secara keseluruhan.

“Persoalan DAS bukan hanya tanam pohon, kita jangan terlalu sempit melihatnya, apakah saudara-saudara masih ingat kegiatan yang dilakukan pada P3RPDAS (Reboisasi Penghijauan Daerah Aliran Sungai) waktu yang lalu, seperti UPSA?”, tanya Menteri Siti.

Kegiatan RHL tahun 2019 ini, KLHK menargetkan dapat merehabilitasi lahan kritis seluas 206 ribu hektar di seluruh Indonesia, dan di provinsi Sulsel sendiri ada seluas 19.600 ha, tandasnya. (husein).
×
Berita Terbaru Update