Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Cegah Bencana, Dinas Kehutanan Bersama DPRD Jabar dan Warga Pasir Jambu Tanam Pohon

Kab. BANDUNG, Faktabandungraya.com,--- Lahan kritis diwilayah provinsi Jawa Barat cukup luas, bahkan di hulu Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum sampai saat ini mencapai 77.037,36 Ha. Untuk itu, guna mengantisipasi terjadinya bencana maka harus dilakukan penanaman. Ada sekitar 2.000 tanaman dari berbagai jenis ditanam di Desa Sugih Mukti Kac Pasir Jambu Kab. Bandung.

Penanaman pohon dari berbagai jenis tanaman di wilyah Pasir Jambu merupakan bagian dari pencangan 25 juta penanam pohon di lahan kritis Jabar. Maka pada Selasa (11/2-2020), Dinas Kehutanan Jabar bersama DPRD Jabar dan warga kecamatan Pasir Jambu Kabupaten Bandung melakukan penanaman pohon sebanyak 2.000 tanaman dari berbagai jenis di lahan kritis di Kec. Pasir Jambu Kab. Bandung.

Penanaman pohon tersebut dipimpin langsung Kepala Dinas Kehutanan Jabar Ir.Epi Kustiawan MP, sedangkang dari DPRD Jabar diwakili anggota Komisi II diantara Dra Hj Lina Ruslinawati, Dra Hj Tia Fittiani dan Hj Sari Sundari S.SoS, dan Anggota DPRD Kab. Bandung, Dasep.

Turut hadir juga 10 kepala Desa se-kecamatan Pasir Jambu, Karang Taruna, Koramil, Polsek, Perhutani dan tokoh masyarakat setempat diantarnya Eyang Memet. Dalam penanam tersebut, terlihat warga kecamatan Pasir Jambu cukup antusias menanam pohon. Hal ini, disadari warga bahwa lahan kritis kalau dibiarkan maka bahaya musibah bencana alam akan menjadi ancaman. Untuk itu, warga mendukung pelestarian alam dengan penanaman pohon.


Kepala Dinas Kehutanan Ir.Epi Kustiawan MP mengatakan , penanam pohon di wilayah kec. Pasir Jambu ini, Dinas Kehutanan menyiapkan sebanyak 2.000 tananam pohon, yang terdiri dari berbagai jenis pohon-pohonan dan buah-buahan.

Selain berbagai jenis pohon, dishub Jabar juga penyerahan sepuluh stuf lebah jenis TRIGONA atau yang lebih dikenal di masyarakat Jawa Barat jenis lebah Teuweul, ujar Kadishut Epi Kustiwan.

Dikatakan Epi, di hulu DAS Citarum ada seluas 77.037,36 Ha, dimana di dalam kawasan hutan seluas 15.355,64 Ha dan di luar kawasan hutan seluas 61.681,72 Ha. Hal ini tidak boleh dibiarkan, untuk itu, dilakukan penanaman pohon. Hari ini, kita lakukan di wilayah Kac. Pasir Jambu, ujarnya.

Epi juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Warga Pasir Jambu yang turut serta mendukung program penanaman pohon.

” Saya sangat memberikan apresiasi kepada masyarakat kecamatan Pasir Jambu, Camat dan seluruh Kepala Desanya yang begitu semangat untuk menanam pohon,” Ujarnya.

Sementara Anggota Komisi II DPRD Jabar, Hj.Tia Fitriani mengatakan, bahwa DPRD Jabar khususnya Komisi II akan terus mendukung penanaman pohon di Jawa Barat sebagai upaya dalam rangka pencegahan bencana alam, peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan penanganan lahan kritis memang harus dilakukan secara kolaborasi, hal ini sebagai wujud kerjasama antara legislatif dengan Eksekutif seperti yang di bahas pada acara KOPDAR antara Gubernur dengan seluruh Pimpinan DPRD Jabar , tandasnya. (sein).

Posting Komentar

0 Komentar