Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Satgas Sektor 21 Catatkan Progres Renaksi Secara Berkala

BANDUNG,--- Memasuki masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di tengah wabah pandemi Coronovirus Disease (Covid-19), Satgas Citarum Sektor 21 masih tetap intensif melaksanakan kegiatan sesuai rencana aksi (renaksi).

Secara garis besar, kegiatan satgas di tengah wabah Corona tetap berjalan. Bahkan guna membantu pemerintah dalam menanggulangi penyebaran pandemik ini, satgas yang berada di tengah masyarakat ikut menerapkan pola phsycal distancing (jaga jarak), dan mensosialisasikan protokol kesehatan agar memutus mata rantai penyebaran virus di tengah kehidupan masyarakat.

Memiliki tugas pokok mengembalikan kelestarian ekosistem sungai, Satgas Citarum Sektor 21 tetap melakukan upaya dan mencatatkan progres kegiatan secara berkala.

Mulai dari karya bakti pembersihan sungai dari pencemaran sampah dan limbah domestik di 18 Subsektor, patroli sungai sebagai pengawasan pencemaran limbah industri, serta kegiatan sosialisasi program citarum secara door to door kepada masyarakat di bantaran sungai.

Namun progres secara fisik, menurut data dan laporan yang diperoleh dari Satgas Citarum Sektor 21. Terdapat 24 poin kegiatan dengan target dan capaian masing-masing.

Mulai dari pembuatan TPS, Tong sampah, pembibitan, penanaman pohon, pembuatan lubang biopori, pembuatan TPS 3R, pembuatan taman ikon, sanitasi komunal, septictank komunal, pembuatan tanggul sungai, serta pengerukan sedimentasi.

Sejauh ini, kegiatan revitalisasi sungai yang paling mencolok dalam segi jumlah. Tercatat sampai dengan hari ini Kamis (4/6/2020), pembersihan sungai sudah mencapai 534.231 M², pengerukan sedimentasi tercatat 84.128 M³, pembebasan lahan di bantaran sungai 236 unit bangunan, penanganan limbah industri sebanyak 332 perusahaan.

Untuk jumlah yang paling dominan adalah pengangkatan sampah permukaan (rumah tangga) yang mencapai 104.948.676 Kilogram atau hampir setara dengan 104 ribu Ton. (*)

Posting Komentar

0 Komentar