Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Para Dansektor Satgas Citarum Ikuti Vicon Penanganan Sampah Terpadu di Posko Sektor 21

Kamis, 02 Juli 2020 | 11:04 WIB Last Updated 2020-07-02T05:22:44Z
CIMAHI, faktabandungraya.com,--- Para Dansektor Satgas Citarum ikuti Video Conference (Vicon) pembahasan penanganan sampah domestik (rumah tangga) di wilayah Jawa Barat, melalui pembangunan TPST (Tempat Pembuangan Sampah Terpadu).

Meski rapat digelar melalui sambungan video, namun sejumlah Dansektor Satgas Citarum memilih untuk mengikuti video konferensi tersebut di Posko Sektor 21 Pembibitan, Cimenteng, Cipageran, Cimahi utara, Kota Cimahi.

Dalam materi pembahasan persiapan penanganan sampah melalui TPST, diketahui bahwa Kemenko Maritim & Investasi dan Kementerian PUPR melalui Dirjen Perkim sejauh ini sudah menginventarisir sebanyak 77 titik lahan yang akan digunakan pembangunan fisik TPST.

Menurut keterangan di dalam rapat, jumlah tersebut tersebar di 8 Kota/Kabupaten, diantaranya Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, KBB, Cianjur, Purwakarta, Karawang dan Kabupaten Bekasi.

Namun, dari jumlah 77 titik yang diinventarisir, baru 31 titik lokasi yang sudah clear and clear (kelengkapan dan kesiapan). Untuk itu, terdapat 46 titik yang masih bisa berubah. Disebutkan dalam rapat, guna mempercepat kesiapan lokasi pembangunan TPST, 46 titik berpeluang dibangun di sempadan sungai, namun harus memenuhi syarat dan ketentuan daya dukung lingkungan.

Dalam kesempatan ini, beberapa Dansektor yang hadir menyampaikan laporan dan masukan guna mendukung program penanganan sampah melalui pembangunan TPST.

Salahsatunya, Dansektor 21 Kol Inf Yusep Sudrajat menyampaikan bahwa pada intinya sebagai satgas yang bersentuhan dengan masyarakat sangat mendukung rencana pembangunan TPST. Namun dirinya hanya ingin memastikan agar pihak yang berwenang terkait sungai, yakni pihak BBWS untuk memberikan kepastian kepada warga dan satgas terkait lokasi dan lahan.

"Jangan sampai ketika warga telah setuju lokasi dijadikan tps, tapi dari pihak bbws tidak ada kelanjutannya. Salahsatunya yang ada di Citepus," ujar Kolonel Yusep.

"Jadi kalau bisa jangan hanya PHP warga," imbuhnya.

Selain Kolonel Yusep, laporan dan masukan juga disampaikan oleh Dansektor 2 Kol Inf Mulyono, Dansektor 8 Kol Inf Belyuni, Dansektor 5 Kol Inf Dadang Kanda.

Sebagian Dansektor lainnya yang mengikuti Vicon di Posko Sektor 21 diantaranya, Dansektor 09 Kolonel Inf Dadang Rahadiansyah, Dansektor 12 Kol Kav Purwadi, Dansektor 14 Kolonel Czi Raflan, Dansektor 16 Kolonel Czi Sajad Mawardi, Dansektor 17 Kolonel Inf Solapide Dolok Saribu, Perwakilan dari sektor 15 Lettu Arm Agus. (Cuy)
×
Berita Terbaru Update