Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Satgas Citarum Sektor 21 : SPALDT Solusi Limbah Domestik, Manfaatkan Dengan Baik


BANDUNG, faktabandungraya.com,--- Satgas Citarum Sektor 21 hadiri kegiatan syukuran dalam rangka pembangunan SPALDT (Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik Terpadu), di wilayah RW 018 Kelurahan Setiamanah, Kecamatan Cimahi tengah, Kota Cimahi, Selasa (28/7/2020).

Dalam kesempatan ini, Komandan Sektor 21 Kol Inf Yusep Sudrajat melalui Pasi Sektor 21 Lettu Sukisworo menyampaikan bahwa limbah domestik merupakan salahsatu permasalahan di DAS Citarum. Untuk itu, dengan adanya pembangunan SPALDT, masyarakat dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

"Semoga SPALDT yang dibangun nanti bisa tepat waktu dan benar benar bermanfaat. Yang tidak kalah penting adalah merawat instalasi tersebut, yaitu dengan cara menggunakannya dengan baik sesuai dengan aturan dan fungsinya," ujar Lettu Sukisworo menyampaikan.

Limbah domestik, kata Lettu Sukisworo, merupakan salahsatu masalah yang menjadi perhatian satgas citarum, khususnya sektor 21. Cakupan wilayah tugas Satgas Sektor 21 fokus terhadap anak dan cucu sungai Citarum yang ada di 3 Kabupaten Kota (Cimahi, Kab. Bandung, Sumedang).

Mengingat luas wilayah dan jumlah serta kepadatan pemukiman saat ini, mustahil bagi satgas sektor 21 dapat menyelesaikan persoalan limbah domestik tanpa peran dari semua pihak, termasuk warga masyarakat itu sendiri.

"Instalasi ini (SPALD-T) salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan limbah domestik. Satu instalasi yang dibangun bisa mengolah limbah domestik bagi puluhan keluarga," ujarnya.

Syukuran yang digelar di Masjid An-Nur RT 002, Setiamanah. Dihadiri langsung oleh perwakilan pihak pihak yang terlibat dalam pembangunan SPALD-T. Diantaranya Brigjen TNI Dedi.S selaku Dir. Um. Pusen Armed, Nining mewakili Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kota Cimahi, Kasi Sarana dan Prasarana Kelurahan Perwakilan Kelurahan Setiamanah, Ketua RW 018 dan KSM New Sriwijaya. (Cuy)

Posting Komentar

0 Komentar