Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Wakaf Salman Galang Donasi GARUDA, Targetkan 750 Smartphone Untuk Guru dan Siswa

Kamis, 06 Agustus 2020 | 02:43 WIB Last Updated 2020-08-05T19:46:24Z
BANDUNG, faktabandungraya.com,--- Menyikapi dan melihat kondisional dunia pendidikan selama masa pandemi Covid-19, yang mengharuskan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dilakukan secara online atau daring. Berdasarkan Surat Edaran yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: S.EN omor 4 Tahun 2020.

Wakaf Salman akan menggalang donasi dengan target menyediakan 750 Smartphone yang akan dibagikan kepada guru dan siswa (TK, SD, SMP). Melalui Program Donasi Garuda (Donasi GAdget untuk guRU Dan siswA).

Alasan penggalangan donasi ini, kata M.Khirzan Nazar Noe’man selaku Direktur Wakaf Salman, tidak semua guru dan siswa siap dalam melakukan kegiatan belajar mengajar dari rumah secara online atau daring, khususnya di wilayah Bandung Raya. Hal itu dikatakannya saat menjelaskan program donasi GARUDA kepada awak media, di Jalan Dago, Bandung, Rabu (5/8/2020).

Dirinya mengutip data dari sumber pemberitaan media bahwa Sebanyak 300 ribu (9,35%) siswa TK, SD, dan SMP di Kota Bandung terkendala tidak memiliki sarana belajar online seperti handphone, laptop, atau tablet selama empat bulan dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dirumah.

Atas dasar tersebut, Wakaf Salman berkolaborasi dengan Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) Salman ITB, dan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Bandung angkatan 2017, menginisiasi program Donasi GARUDA (Donasi GAdget untuk guRU Dan siswA).

M.Khirzan Nazar Noe’man selaku Direktur Wakaf Salman

Melalui program donasi ini, Wakaf Salman mengajak partisipasi seluruh masyarakat guna membantu guru dan siswa yang kurang mampu untuk memiliki smartphone dan kuota internet, sebagai penunjang kelancaran kegiatan belajar secara daring atau pendidikan jarak jauh (PJJ).

Khirzan berharap melalui program donasi yang dipelopori oleh Wakaf Salman ini, dapat mendorong semua pihak untuk melakukan hal yang sama khususnya pemerintah.

"Karena target donasi yang nanti akan kita bagikan sebanyak 750 unit smartphone dan kuota nya. Jumlah tersebut masih jauh dari cukup, untuk itu gerakan ini diharapkan dapat mempelopori dan mendorong pihak-pihak lain baik komunitas ataupun pemerintah melakukan hal yang sama," harapnya.

Dirinya juga ingin semua pihak menyadari bahwa dengan kegiatan belajar mengajar secara daring ini yang paling dibutuhkan adalah infrastruktur penunjangnya, Gadget (Smartphone) dan kuota (koneksi internet).

Kenapa kami menargetkan 750 unit smartphone, lanjut Khirzan, karena program donasi ink diluncurkan pada bulan Agustus bertepatan dalam menyambut HUT kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 Tahun.

"Tujuh ratus lima puluh (750) di tujuh belas (17) Agustus hari kemerdekaan Indonesia yang ke tujuh puluh lima (75). Inilah bukti nyata kita turut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa ditengah kesulitan akibat pandemi," ungkapnya.

Bagi para donatur yang ingin menyalurkan donasi atau sumbangan, Wakaf Salman menyediakan beberapa kriteria paket donasi.

Paket donasi yang ditawarkan: Demak Rp 2.500.000,-/1paket; Malaka Rp5.000.000,-/2paket; MataramRp10.000.000,-/4 paket; Pajajaran Rp 25.000.000,-/10 paket; Samudra Pasai Rp 50.000.000,-/20 paket. Dengan berdonasi melalui paket, sahabat penderma juga turut berwakaf untuk wakaf fasilitas pendidikan.

Selanjutnya untuk kriteria guru yang berhak menerima donasi ini diantaranya : Guru tingkat SD, SMP dan SMA dengan masa bakti minimal 2 tahun, berdomisili dan bertugas di sekolah area Bandung Raya (diutamakan untuk kawasan zona merah dan kuning), status non PNS (diutamakan guru honorer).

Sedangkan kriteria untuk siswa yang berhak menerima donasi antara lain: Siswa tingkat SD, SMP dan SMA yang berdomisili serta bersekolah di area Bandung Raya (diutamakan untuk kawasan zona merah dan kuning), siswa berasal dari keluarga ekonomi rentan (diutamakan untuk anak yatim piatu). Mari bantu saudara kita dengan semangat perjuangan, semangat untuk menjadi PAHLAWAN GARUDA.

Selain itu, donasi terbaik sahabat dapat disalurkan melalui admin Wakaf Salman (Whatsapp 0822-6087-8884), Website wakafsalman.or.id, Instagram @wakafsalman.itb dan Kitabisa.com/garuda. Program Donasi GARUDA didukung oleh Jabar Quick Response, Tufine.id, Lumens Kopi Masjid, Dejima Kohii, dan Motiprins.

Selain berdonasi, Sahabat Penderma yang belum mem-follow akun instagram wakafsalman. itb dapat memberikan kontribusinya secara mudah dengan hanya mem-follow (follow fordonate). Dimana 1 orang followers baru senilai dengan donasi Rp5.000,00. Seluruh dana yang terkumpul dari kegiatan follow for donate ini nantinya akan disalurkan untuk Donasi GARUDA. (Cuy)
×
Berita Terbaru Update