Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Wakil Walikota Bandung Lantik Ahmad Afandi Jadi Danyon VI/Gab Menwa Mahawarman

BANDUNG, Faktabandungraya.com,--- Wakil Wali kota Bandung Yana Mulyana didampingi Komandan Menwa Mahawarman Wawan Setiawan melantik / mengakat Ahmad Afandi (Itok) menjadi Komandan Batalyon VI/ Gabungan Menwa Mahawarman masa bakti 2020-2022, di Balai Kota Bandung, jalan Wastukencana no 2 Bandung, Jum’at (28/8-2020).

Pelantikan Danyon VI/Gab Menwa Mahawarman dihadiri perwakilan Forkopimda Bandung, Kesbangpol Kota Bandung, beberapa perwakilan Perguruan Tinggi di Bandung, Cimahi dan Kab. Bandung. Serta para senior dan alumni Menwa Mahawarman.

Dalam sambutannya Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana mengapresiasi Menwa Mahawarman, yang terus berputar dan terus mencetak kader kader pemimpin bangsa. Seperti yang kita ketahui bersama Menwa Mahawarman adalah organisasi bela negara, yang beranggotakan mahasiswa dari perguruan tinggi di Jawa Barat.

Menwa Mahawarman terdiri dari XII Batalyon, dimana Batalyon VI adalah Gabungan Menwa dari Sekolah Tinggi , Institut , Akademi dan Universitas di kota Bandung , kota Cimahi, Kab Bandung dan Ksb. Bandung Barat. Jadi cukup banyak Perti yang ada anggota Menwanya masuk ke jajaran Batalyon VI.

Yana menambahkan bahwa dirinya menadapat laporan, bahwa Menwa Mahawarman telah melaksanakan bakti sosial dalam mencegah penyebaran pandemi covid 19 sejak bulan maret hingga sekarang . Dengan kegiatan antara lain pembagian masker, hand sanitizer dan penyemprotan disinfektan di pemukiman warga dan fasilitas umum. Pembuatan dapur umum, pembagian makanan siap santap, pembagian sembako, dan pemberian edukasi terhadap masyarakat ”

Kehadiran dan turut sertanya Menwa Mahawarman membuktikan bahwa Menwa Mahawarman terus mengabdi, hal ini sebagai wujud Bela Negara. Karena Bela Negara itu tidak hanya gencatan senjata namun lebih dari itu kita semua dituntut untuk selalu peka dalam masalah yang dihadapi bangsa dan negara, serta siap dalam bentuk tindakan nyata, ujar Yana.

Terkait dengan dilantiknya Danyon VI/Gab, Yana berharap personil Batalyon VI/Gab Menwa Mahawarman dapat terus berkontribusi dan menyebarkan semangat bela negara khususnya di kota Bandung.

“Selamat dan semangat”! kepada Komandan baru. Laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan keihklasan, terus menjalin komunikasi dengan pemerintah kota Bandung. Sehingga kita dapat terus bersinergi dalam membangun bangsa dan negara ini.”pungkas Yana Mulyana .

Masih di tempat yang sama Dalam sebuah wawancara Wakil Walikota Yana Mulyana berharap, dengan dilantiknya Komandan Batalyon 6 / gabungan resimen mahasiswa periode 2020-2022 ini, mudah-mudahan dapat memberi manfaat. bukan hanya pada anggota tapi ke seluruh masyarakat kota Bandung.”harapnya.

Lanjut Yana Mulyana, sudah beberapa bulan ini, kita semua sedang dihadapkan masalah pandemic covi-19, karena pemerintah kota tidak dapat menyelesaikan masalah ini sendiri. Tentunya butuh partisipasi dari berbagai pihak. Salah satunya dari Menwa Mahawarman Batalyon VI/Gab.

Kita juga mengatahui bahwa Menwa Mahawarman telah berperan aktif dalam menangani pandemic covid-19, diantaranya, kegiatan pembagian masker, hand sanitizer dan penyemprotan disinfektan di pemukiman warga dan fasilitas umum. Pembuatan dapur umum, pembagian makanan siap santap, pembagian sembako, dan pemberian edukasi terhadap masyarakat .

Kegiatan bakti social Menwa Mahawarman bekerjasama dengan berbagai kelompok lain untuk sama- sama membantu menyelesaikan dampak ekonomi sosial dari covid 19 ini khusus di kota Bandung ini, tandasnya.

Sementara itu, Danmenwa Mahawarman Wawan Setiawan mengatakan, Batalyon VI merupakan Batalyon yang paling banyak Kompinya, namun sejak reformasi tahun 1998, kondisi Kompi di jajaran Batalyon VI mengalami krisis keanggotaan baru. Hal ini juga terjadi di seluruh Batalyon di jajaran Skomen Mahawarman. Bahkan diseluruh Skomen di Indonesia mengalami hambatan dalam merangkul calon-calon anggota baru Menwa. Dan baru di tahun 2011, secara perlahan mulai ada kembali minat Mahasiswa untuk masuk menjadi anggota Menwa Mahawarman.

Sedangkan terkait keberadaan Batalyon VI sendiri, yang merupakan gabungan dari beberapa perguruan tinggi swasta, baik itu Akademi, Sekolah Tinggi, Institute maupun Universitas, yang berada di Kota Bandung, Kota Cimahi, Kab Bandung dan Kab Bandung Barat. Apalagi kini bermunculan Perti-Perti baru yang juga menginginkan adanya Menwa di Pertinya.

Perlu dicatat, kata Danmen, bahwa sejak 3-4 tahun belakangan ini animo Mahasiswa untuk menjadi anggota Menwa terus meningkat, untuk itu, tugas dan beban seorang Danyon cukup berat, seiring dengan bertambahnya Perti baru yang juga menginkan ada Menwa di kampusnya.

Sekarang sudah ada tiga Perti yang telah memiliki Menwa yang siap bergabung dengan Batalyon VI, yaitu STTTelkom, STBale Bandung dan Apikes Bandung, tinggal Skomen nanti yang meng-SK-kan. Belum lagi nanti, Perti lain siap merekrut calon anggota Menwa.

Untuk itu, seorang Danyon memerlukan dukungan / support penuh dari anggota dan para senior-senior atau alumni Menwa Mahawarman.

Danmen juga mengatakan, untuk meningkat SDM Anggota Menwa Mahawarman, sebenarnya di tahun 2020 ini sudah ada sejumlah rencana kegiatan, namun, seiring pandemi virus covid-19, terpaksa program yang sudah dirancang tertunda direaliasasikan. Diantaranya, Kursus Administrasi Umum, Kursus Teritorial, Kursus Intel, ,Susnikgalak, Dinas Staf.

Selain itu, kita juga sudah rencang Diksar dan Suskalak Gabungan dengan mengajak Menwa-menwa dari luar Jawa Barat. Namun, karena covid-19, terpaksa ditunda dan gerakan kita dialihkan ke Satgas Covid-19. Untuk itu, kita berharap agar Pandemi covid-19 segera berakhir, agar kegiatan Menwa Mahawarman dapat dilaksanakan kembali, harapnya.

Ditempat yang sama, Danyon VI/Gab baru Ahmad Afandi, dirinya siap menjalankan tugas sebagai Danyon VI dan siap menjalan tupoksi organisasi Menwa Mahawarman.

Adapun terkait program, Ahmad Afandi yang akrab disapa Itok mengatakan, bahwa Program prioritas setelah pelantikan ini, tentunya kita akan melakukan rapat koordinasi dan konsolidasi seluruh anggota Menwa Mahawarman Batalyon VI, agar para anggota dan staf tahu dan paham akan job discribtionnya masing-masing. Setalah adanya regenerasi Danyon VI.

Selanjutnya, kita akan susun program kerja Batalyon VI untuk periode 2020 s.d 2022, dengan tentunya berkoordinasi dengan Skomen Mahawarman dan para senior Yon VI, ujarnya.

Sedangkan terkait animo Mahasiswa untuk masuk menjadi anggota Menwa mulai mengeliat kembali, untuk itu, tentunya sesuai dengan arahan Danmen, bahwa kita akan roadshow dan audensi ke beberapa perguruan tinggi, baik yang ada di Kota Bandung, Kota Cimahi, Kab Bandung maupun Kab. Bandung Barat.

Kita ingin, kedepan aktifitas Batalyon VI/Gab lebih baik lagi, dan keberadaan Kompi-kompi di jajaran Batalyon VI kembali ada anggota baru sebagai regenerasi dan dalam menjalan roda organisasi Menwa, tandasnya. (husein).

Posting Komentar

0 Komentar