Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Pengerukan Sedimentasi Sungai Cimande Desa Nanjungmekar, Ini Harapan Warga


BANDUNG, faktabandungraya.com,--- Satgas Sektor 21 Subsektor 01 Rancaekek laporkan progres pengerukan sedimentasi sungai Cimande oleh BBWS di desa Nanjungmekar, Kecamatan Rancaekek.

Diterangkan Serka Mulyana, Satgas Sektor 21-01 Rancaekek, dari target pengerukan sepanjang 1 Kilometer tersisa hanya 100-150 meter lagi.

"Sudah 18 hari pengerjaan, tinggal 150 meter lagi. 100 meter dikeruk memakai alat berat yang ada saat ini (Long Arm). Untuk yang 50 meter rencananya akan dikeruk menggunakan excavator amfibi. Karena lokasinya yang tidak memungkinkan menggunakan long arm," jelasnya.

Sejauh ini, lanjut Serka Mulyana, pengerjaan pengerukan tidak menemui kendala yang berarti. Baik secara teknis dan kondisi lokasi pengerukan. "Hanya sekitar 50 meter itu saja, yang harus menggunakan alat keruk yang lebih kecil," katanya.

Dengan adanya pengerukan sedimentasi yang ada di aliran sungai Cimande desa Nanjungmekar, warga berharap tidak lagi kebanjiran akibat luapan sungai.

H. Agus Sudarso, salahsatu warga RT 01 RW 13, desa Nanjungmekar menyambut positif dan berterimakasih atas adanya pengerukan sedimentasi normalisasi sungai yang dilakukan Satgas Citarum dan BBWS.

"Sebelum dinormalisasi, warga yang di tepi bantaran suka kebanjiran, banjir suka, malah sampai sini," ujarnya.

Dirinya juga berharap pengerukan atau normalisasi tidak sampai disini (wilayahnya) saja. "Kalo bisa terus semua sampai ke cikijing sana," tambahnya.

Terkait sampah, selama ini warga sudah disosialisasi tentang himbauan dan larangan membuang sampah ke sungai. Mulai dari bentuk teguran kepada warga yang ketahuan membuang sampah ke sungai sampai hukuman ikut kerja bakti sungai.

"Sekarang sudah sedikit berkurang warga yang buang ke sungai, tapi saya mah berharap pemerintah bantu menyediakan tempat pembuangan sampah," harapnya. (Cuy)

Posting Komentar

0 Komentar