Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

PWI Pusat Gelar Safari Jurnalistik Perdana 2020 Diikuti 318 Wartawan

Kamis, 15 Oktober 2020 | 13:03 WIB Last Updated 2020-10-15T06:03:06Z

PWI Pusat gelar Safari jurnalistik Perdana 2020
JAKARTA, Faktabanadungraya.com,--- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat bekerjasama dengan PT Astra International Tbk. menggelar Safari Jurnalistik Perdana 2020, secara daring dari Sekertariat PWI Pusat Jakarta yang diikuti 318 orang peserta dari seluruh nusantara, Rabu (13/10/2020).

Kuliah Perdana Safari Jurnalistik dari Sekolah Jurnalisme Indonesia PWI Pusat itu menghadirkan pendiri  Jawa Pos Group Dahlan Iskan yang juga pernah menjabat Menteri BUMN sebagai narasumber yang membahas Model Bisnis Media dan Masa Depan Profesi Wartawan.

Dalam paparannya Dahlan Iskan mengatakan saat ini jurnalistik berkembang sangat pesat, seiring berkembangnya teknologi dan juga dengan kehadiran media baru dengan berbagai platform semakin banyak sehingga mau tidak mau wartawan harus tampil kreatif dan inovatif," kata Dahlan.

Tentunya, salah satu kunci untuk tetap bertahan adalah dengan mengikuti kemajuan dunia digital, karena menurut Dahlan, hal yang terpenting dalam menghadapi revolusi digital saat ini adalah, “Wartawan harus mampu membuat tulisan atau tayangan yang enak dibaca atau enak dilihat, informasinya harus penting, dan yang juga tak kalah penting adalah menyajikannya dengan menarik.”

Sementara itu, Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari mengatakan bahwa kegiatan Safari Jurnalistik perdana 2020 ini merupakan agenda rutin PWI Pusat untuk menambah wawasan wartawan mengenai jurnalistik, juga mengenai pentingnya menjaga implementasi kode etik di tengah persaingan sesama insan pers di era konvergensi media.

Atal juga berpesan, agar para wartawan untuk terus menjaga profesionalisme dalam bekerja. “Apalagi tahun ini menghadapi situasi pandemi Covid-19 dan tahun politik ini, yaitu Pilkada Serentak di penghujung 2020 nanti.”

Apa yang diperoleh dari Kuliah Perdana Safari Jurnalistik ini, menurut Atal, penting untuk menjadi pegangan bagi wartawan anggota PWI dalam menyajikan berita ke masyarakat itu harus berpijak pada hukum, undang-undang pers dan kode etik jurnalistik.   

Sementara itu Head of Corporate Communication PT Astra International, Boy Kelana Soebroto menyambut baik kerja sama dengan Sekolah Jurnalisme Indonesia PWI Pusat. “PWI merupakan pemangku kepentingan yang strategis bagi PT Astra International. Dukungan kami ini merupakan bukti komitmen PT Astra Internasional untuk ikut meningkatkan wawasan dan profesionalisme wartawan Indonesia,’’ katanya. 

Dalam kuliah safari Jurnalistik Perdana ini di hadiri juga oleh Sekjen PWI Pusat Mirza Zulhadi, Ketua Bidang Pendidikan PWI Pusat Nurjaman Mochtar, Wakil Bendahara Umum PWI Pusat Dar Edi Yoga  serta Pengurus PWI Pusat lainnya. (#RilisHumasPWI)

×
Berita Terbaru Update