Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Wakil WaliKota Bandung Berharap Harga Tes Usap Terjangkau

Kamis, 15 Oktober 2020 | 13:16 WIB Last Updated 2020-10-20T06:21:26Z

Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana ( Foto:istimewah).
BANDUNG, Faktabandungraya.com,--- Pemerintah pusat sudah menetapkan biaya untuk melakukan Sweb Test atau Tes Usap sebesar Rp.900 ribu. Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana, mudah-mudahan harga tersebut dapat terjangkau bagi masyarakat yang melakukan sweb test mandiri.

Harga sweb test  sebesar Rp.900 ribu tersebut merupakan harga atas. Untuk itu, kita berharap harga tersebut bisa lebih murah lagi dari Rp.900 ribu.  Dengan harga yang lebih murah, bisa mempercepat tes masif kepada masyarakat," ujar Yana Mulyana kepada wartawan saat di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Rabu (14/10-2020).

Menurut wakil wali kota, tempat kesehatan bisa menyediakan alat tes sehingga masyarakat bisa memeriksakan diri secara mandiri. Tak hanya itu, ia berharap tidak ada klinik yang menetapkan harga yang di atas, ketentuan pemerintah pusat.

"Dinas Kesehatan nanti menegur, karena regulasinya sudah jelas itu batas atas. Mungkin ada sanksi dari dinas," tegasnya.

Keputusan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Surat Edaran Nomor HK. 02.02/1/3713/2020 yang dikeluarkan pada 5 Oktober 2020 untuk mengontrol serta menanggulangi perbedaan harga di labolatorium secara nasional.

Penetapan harga tes swab tersebut telah ditetapkan bersama Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKB) dan telah mempertimbangkan berbagai macam komponen, seperti jasa pelayanan, komponen bahan habis pakai atau reagen, komponen biaya administrasi dan beberapa komponen hukum lainnya, tandasnya. (husein).

×
Berita Terbaru Update