Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Uji Klinis Fase-3, Kusnandi : Pasca Disuntik Vaksin Covid-19 Sinovac, Kondisi Relawan Sehat

Ketua Tim Riset Uji Klinis Vaksin Covid-19, DR.dr Kusnadi Rusmil  ( foro :istimewah)
BANDUNG, Faktabandungraya.com,--- Ketua Tim Riset Uji Klinis Vaksin Covid-19, DR.dr Kusnadi Rusmil  mengatakan, pelaksanaan uji klinis fase tiga vaksin covid-19 Sinovac sudah disuntikan kepada 1.620 relawan untuk suntikan pertama, dan 1.580 yang disuntik kedua.

Semua relawan yang telah mendapatkan suntikan vaksin covid-19, kita lakukan pemantauan dan pengawasan.  Sampai sejauh ini berdasarkan laporan dari relawan yang telah di vaksin covid-19 Sinovac ke dua , mereka mengatakan tidak ada efek samping yang berarti atau tidak membahayakan dan kondisi relawan sehat-sehat saja.  

Hal ini dikatakan dr.Kusnandi Rusmil dalam dialog virtual yang disiarkan dari saluran Youtube FMB9ID-IKP,  Rabu (4/11/2020).

Uji klinis fase tiga vaksin Covid-19 Sinovac yang dilakukan di Bandung, Jawa Barat, masih berlangsung dan telah banyak yang mendapatkan suntikan kedua. Ketua Tim Riset Uji Klinis Vaksin Covid-19 Fakultas Kedokteran Unpad Kusnandi Rusmil mengatakan sepanjang dilakukan uji coba tidak ditemukan hal-hal yang menakutkan atau membahayakan.

Kusnandi menyebut, uji klinis fase tiga ini sudah ada 1.620 relawan yang mendapatkan suntikan pertama dan 1.580 yang disuntik kedua.

"Sampai sejauh ini, relawan  yang sudah suntikan kedua dalam kondisi sehat-sehat saja. Hanya ada keluhan, Paling panas badan sedikit, nyeri di tempat suntikan seperti kita imunisasi biasa. Hal ini bisa dibilang minimal.," kata dr Kusnandi di Bandung, Kamis (5/11/2020).

Guru Besar Bidang Ilmu Kesehatan Anak  dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran (FK-Unpad) Bandung ini menerangkan soal perbandingan reaksi uji klinis vaksin yang ia lakukan sebelumnya. Dia berpendapat reaksi vaksinasi Covid-19 kali ini relatif lebih aman.

Kusnandi menambahkan, dari seluruh relawan yang kita disuntik vaksin covid-19, hanya 20 persen mengalami panas ditempat yang disuntik,  namun sudah hilang dalam waktu dua atau tiga hari, rasa sakit sudah hilang. Ini berarti, efek samping tidak membahayakan bagi relawan.

"Saya berharap selama uji klinis ini tidak terjadi apa-apa dan sampai sekarang selama ini normal-normal saja," ujarnya.

Lebih lanjut Kusnandi  mengatakan, bahwa ada sebanyak 17 relawan uji klinis fase tiga vaksin Covid-19 Sinovac di Bandung keluar atau drop out dari keikutsertaannya. Belasan orang itu tidak lagi menjadi objek penelitian untuk tahap berikutnya.

"Jadi yang mengundurkan diri ada yang pindah kerja, ada yang sakit, tapi sakitnya itu tidak berhubungan dengan imunisasi.  Namun, walaupun demikian, kita tetap melakukan pemantauan terhadap kesehatan mereka sampai akhir penelitian," jelasnya. (sein). 

Posting Komentar

0 Komentar