Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Harbak PU ke 75, Memo Hermawan Berharap Percepatan Tol Cigatas, Pembenahan Irigasi dan Rusunawa

Drs.H.Memo Hermawan (anggota Komisi IV DPRD Jabar) (foto: istimewah) 
BANDUNG, Faktabandungraya.com,--- Anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat Drs.H. Memo Hermawan, berharap peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum ( Harbak PU) ke 75 tahun 2020 tingkat Provinsi Jawa Barat, tidak hanya diperingati secara sarimonial semata. Namun, harus dijadikan momentum untuk percepatan pembangunan infrastruktur  di seluruh wilayah Jabar.

DPRD Jabar akan terus mendorong pihak Pemprov Jabar melalui ODP terkait, seperti Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) ;  Dinas Sumber Daya Air (SDA) , Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim), untuk terus meningkatkan pembangunan infrastruktur Jabar.

Infrastruktur jalan-jalan di Jabar, khususnya jalan-jalan provinsi yang menjadi tanggungjawab pemprov Jabar harus tetap terjaga kelaikan/ kemantapannya. 

Kalau melihat kondisi jalan-jalan di wilayah Jabar Tengah dan Pantura tingkat kepantapannya sudah cukup tinggi, tetapi jalan di wilayah Jabar Selatan masih cukup rendah, untuk itu, DPRD Jabar akan mendorong Pemprov Jabar untuk membangun jalan-jalan di wilayah Jabar Selatan. Termasuk juga kita mendorong percepatan Tol Cigatas. (Cileunyi-Garut dan Tasikmalaya hingga perbatasan Jateng (Cilacap).

“Pembangunan jalan Tol Cigatas harus menjadi prioritas, untuk memperlancar dan mempercepatan pergerakan orang dan barang serta pertumbuhan perekonomian masyarakat di wilayah Jabar Selatan. Apalagi akan berdiri Daerah otonomi baru (DOB) kabupaten garut Selatan yang tinggal menunggu dicabutnya moratorium oleh pemerintah pusat saja, ujarnya mantan Wakil Bupati Garut ini saat dimintai harapannya terkait peringatan Habak PU ke 75/ 2020 di gedung DPRD Jabar, Jum’at (4/12-2020).

Dikatakan, kemantapan jalan tidak hanya untuk jalan provinsi semata tetapi juga harus terkonektivitas dengan jalan nasional dan Jalan-jalan daerah (Kabupaten/kota).  Untuk itu, DPRD Jabar juga menyetujui alokasi anggaran Bantuan Provinsi ke Kabupaten/kota untuk peningkatan pemantapan jalan-jalan kabupaten/kota.

Terkonektivitas jalan  Nasional, jalan Provinsi jalan Kabupaten/kota  hingga jalan di pedesaan, dengan akses yang terhubung satu sama lain maka masyarakat bisa semakin mudah mengakses berbagai program yang dijalankan Pemprov Jabar, harapnya.

Lebih lanjut, Memo Hermawan yang juga Ketua Fraksi DPRD Jabar ini mengatakan, untuk mendorong ketahanan pangan, tentunya DPRD Jabar juga mendorong perbaikan infrastruktur irigasi, pembuatan embung /situ.

“Infrastruktur irigasi yang baik sangat mendukung keberhasilan dan meningkatnya produksi pertanian, sehingga Jabar sebagai provinsi  penyumbang ketahanan pangan nasional tetap terjaga ”, ujarnya.    

Sedangkan terkait kebutuhan masyarakat akan perumahan dan pemukiman, Komisi IV DPRD Jabar mendorong Dinas Perkim, untuk membangun Rusunawa (Rumah Susun Sederhana Sewa). Keberadaan Rusunawa sangat berguna bagi masyarakat yang memiliki penghasilan rendah, terutama bagi pekerja/ buruh industri.

Untuk itu, dalam setiap tahun anggaran kita alokasikan anggaran untuk pembangunan Rusunawa, terutama didaerah yang banyak industri dan pabrik-pabrik.  Hal ini untuk mendukung masyarakat berpenghasilan rendah tetapi dapat tinggal layak, yaitu di Rusunawa, tandas Memo yang juga anggota Bandan Anggaran DPRD Jabar ini.  (adikarya/husein).