Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Ono Surono : Empat Kader Terbaik PDIP Menangkan Pilkada Serentak 2020 di Jabar

Kamis, 10 Desember 2020 | 22:56 WIB Last Updated 2020-12-10T15:56:58Z

Ketua DPD PDIP Jabar Ono Surono didampingi Sekretaris Ketut  Sustiawan dan Bupati petaha Jeje Wiradinata
( Foto: istimewah) 
BANDUNG, Faktabandungraya.com,--- Sehari pasca pencoblosan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2020 di delapan (8) daerah  di Jawa Barat, Ketua DPD PDI Perjuangan Jabar wa Barat Ono Surono mengklaim kader-kader terbaik PDIP berhasil menangkan pertarungan Pilkada di empat (4) daerah.

Empat daerah yang diungguli PDIP yakni Kabupaten Cianjur, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Pangandaran dan Kabupaten Tasikmalaya. Sedangkan empat daerah lainnya seperti Kabupaten Bandung, Kabupaten Karawang, Kabupaten Sukabumi dan Kota Depok jagoan PDIP kalah.

Ketua PDIP Jabar Ono Surono mengatakan pihaknya mengakui kekalahan jagoan PDIP di empat daerah tersebut. Menurut dia, banyak faktor yang menyebabkan PDIP tumbang di empat daerah salah satunya terkait kekuatan pasangan calon, ujarnya.

Adapun ke 4 daerah yang berhasil dimenangkan terdiri dari Kabupaten Cianjur, Kabupaten Pengandara, Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Indramayu.

Kemenangan empat kader terbaik PDIP, berdasarkan hasil hitung cepat (quickcount) maupun rekapitulasi (real count) yang dilakukkan oleh Partai Politik  dan KPUD, ujar Ono Surono dalam keterangan resmi kepada wartawan, Kamis (10/12-2020).

Ono menjelaskan, untuk Kabupaten Cianjur, kader PDIP Herman Suherman berpasangan dengan TB Mulyana memenangkan Pilbup Cianjur dengan perolehan suara sebesar 56,4 persen.  

Untuk Kabupaten Indramayu, seorang kader PDIP yang duduk di sayap partai, Gerakan Nelayan Tani Indonesia (GNTI), Nina Agustina yang berpasangan dengan Lucky Hakim, mampu mengalahkan dominasi Golkar yang telah berkuasa selama 20 tahun.

Berdasarkan Quickcount Nina-Lucky mendapatkan suara 37,49 persen, selisih 8,21 persen dari pasangan Daniel-Taufik yang diusung Partai Golkar.

Selanjutnya Kabupaten Pangandaran yang tetap mengusung Bupati petahana, Jeje Wiradinata yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Pangandaran, berpasangan dengan Ujang Endin mampu mengalahkan Paslon Adang Hadari-Sudrajat.

"Perolehan suara Pangandaran berdasarkan quickcount dan rekapitulasi c1 sebesar 51,87 persen dan 51,82 persen," jelas Ono

Kemudian, untuk pilkada Tasikmalaya, PDIP juga mengusung  petahana Ade Sugianto yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tasikmalaya, berpasangan dengan Cecep Nurul Yakin, berdasarkan rekapitulasi c1 dan rekapitulasi sementara KPUD, mampu memenangkan Pilbup Tasikmalaya.

"Perolehan suara Ade Cecep sebesar 32,88 persen, mengalahkan pasangan calon lainnya dengan selisih kurang dari 3%," ujar Ono.

Ono Surono selaku Ketua DPD PDIPerjuangan  Jabar meminta seluruh kader  terutama di empat daerah yang sudah dimenangkan oleh PDIP untuk tetap menjaga dan mengamankan suara sampai ditetapkannya paslon terpilih oleh KPU.

Untuk itu,  menjaga dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, kata On, partai telah menyiapkan data-data yang lengkap berupa c1, laporan dugaan kesalahan/kecurangan saat proses pencoblosan serta instrumen saksi partai dan tim hukum apabila ada yang menggugat ke Mahkamah Konstitusi.

Lebih lanjut Ono mengatakan,  keberhasilan PDIP merebut dan mempertahan kemenangan di empat daerah  dalam Pilkada serentak 2020 di Jabar. Hal ini membutktikan PDI Perjuangan semakin dipercaya oleh rakyat di Jawa Barat.

Bila pilkada lima tahun yang lalu, PDI Perjuangan hanya menang dan memiliki Bupati di Pangandaran saja, maka di tahun 2020 ini, Inshaa Allah akan memiliki Bupati yang merupakan Kader PDI Perjuangan di Cianjur, Indramayu, Pangandaran dan Tasikmalaya, kata Ono yang juga anggota Komisi IV DPR RI ini.

Ono juga mengatakan, kemenangan PDIP di empat daerah dari  delapan daerah di Jabar yang menggelar Pilkada bukan semata kerja dari partai, tetapi kerja seluruh rakyat. "Sehingga kami pastikan, mereka yang terpilih akan menjalankan kewajibannya sebagai kepala daerah dengan baik dan memenuhi janji-janjinya saat kampanye," tandasnya. (*/red).


×
Berita Terbaru Update