Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Pemulihan Ekonomi Daerah , Iis Turniasih Minta Pemkab Karawang Serius Perhatikan Pelaku UMKM

Hj.Iis Turniasih Anggota DPRD Jabar dari fraksi PDIP (foto:istimewah)
KARAWANG, Faktabandungraya.com,--- Sejak merebaknya pandemi Covid-19 di Indonesia beberapa bulan belakangan ini, sektor perekonomian mengalami dampak yang sangat luar biasa, termasuk para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).  

Untuk itu, guna mendukung percepatan pemulihan ekonomi daerah dan masyarakat, khususnya di Kabupaten Karawang, sudah seharusnya pemerintah Karawang memperhatikan dan mendukung para pelaku usaha.

Menurut Anggota DPRD Jawa Barat Hj.Iis Turniasih dari daerah pemilihan Jabar X (Kabupaten Purwakarta-Karawang), kabupaten Karawang sebagai daerah transit antara ibu kota dan kota Bandung, maka para pelaku usaha harus didorong untuk terus berkembang sehingga mampu menjadi penopang ekonomi. 

Pemda harus hadir untuk secara bersama-sama menumbuhkan kegiatan UMKM  di berbagai usaha, termasuk juga pelaku UMKM yang bergerak disektor kuliner, baik makanan maupun miniman. Sehingga dari hari ke hari masyarakat yang bergerak di bidang kuliner semakin bergairah dan perekonomian masyarakat juga turut meningkat., ujar politisi perempuan PDIP Jabar ini. 

Iis menambahkan, potensi yang dimiliki Kabupaten Karang cukup besar dari berbagai  sektor baik pertanian, perkebunan, sumber daya alam maupun jasa dan kepariwisataan. Selain itu Karawang juga sejak dulu terkenal sebagai lumbung padi terbesar di jabar dan nasional. Namun, potensi yang dimiliki Karawang dalam menumbukan ekonomi daerah tentunya perlu campur tangan pemerintahd daerah. 

Campur tangan pemerintah dalam artian, pemerintah memberkan perhatian , dukungan dan  pembinaan terhadap para pelaku usaha di bidang ekonomi, sehingga karya atau hasil produksi dari masyarakat memiliki nilai tambah. Seperti hasil pertanian, dari kebun tidak hanya dijual begitu saja kepasaran tetapi dioleh menjadi bahan makanan, atau makan dan minuman jadi, jelasnya. 

Selain itu, guna memperlancar  ataus transportasi pertanian tentunya, diperlukan infrastruktur yang memadai  dari desa atau perkebunan/ petani. Dengan infrastruktur desa yang memadai dan bagus tentunya dapat menekan / mengurangi biaya transportasi, ujarnya. 

Kabupaten Karawang merupakan salah satu pusat pertumbuhan sosial-ekonomi di Jabar, untuk itu Iis minta agar Pemkab Karawang harus benar-benar memberikan perhatian melalui berbagai kebijakan pemda, yang berpihak kepada kepentingan dan kesehajteraan masyarakat. 

Lebih lanjut Iis Turniasih  mengatakan, selaku wakil rakyat dapil Karawang-Purwakarta, dirinya dalam setiap kesempatan dialognya dengan unsur masyarakat dan pemerintah daerah untuk selalu bersinergi menyatukan komitmen menyejahterakan masyarakat kabupaten Karawang, dan secara khusus memberi penekanan khusus sektor pertanian dan UMKM.

Iis berharap semua pihak bisa bersinergi sehingga Kabupaten Karawang perkonomian Karawang terus bangkit  dari keterpurukan akibat terdampak  pandemi Covid-19.  Untuk itu, dengan bersinergi dan bergotong royong bisa menjadi kekuatan bagi kemajuan Karawang dan bangsa Indonesia, tandasnya. (adikarya/husein).