Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Balai Mektan Jabar Uji Alat Mesin Pertanian di Pati-Jateng, Boyong Tim Pengawas

Senin, 01 Februari 2021 | 14:14 WIB Last Updated 2021-02-01T07:14:29Z

Tim Pengawas melakukan pengujian alat pertanian (Foto:istimewa) 
CIANJUR, faktabandungraya.com,--- Balai Pengambangan Mekanisasi Pertanian Dinas Tanaman Pangan dan Hortikulura (TPH) Provinsi Jawa Barat bersikap proaktif dalam melakukan pengujian alat mesin pertanian yang di lokasi produsen Padi, di Kabuapten Pati, Jawa Tengah.

Menurut Kepala Balai Pengembangan Mekanisasi Pertanian, Teguh Khasbudi, SH., MH., bahwa pihaknya melakukan kengujian Alat mesin  tanam translanter dan mesin perontok padi , dilakukan Kamis (28/1/2021) di CV Javatech Agro Persada, di Pati-Jateng.

Untuk mengetahui keunggulan mesin tanam translanter dan mesin perontok padi tersebut, saya langsung langsung bawa Pengawas Penguji Iwan M Ridwan bersama tim yang diboyong ke Pati, ke CV Javatech Agro Persada.

Teguh Khasbudi mengatakan, pengujian dilakukan secara proaktif dan jemput bola sebagai upaya mencapai target pendapatan asli daerah (PAD) yang dibebankan kepada Balai Pengembangan Mekanisasi Pertanian.

pengujian mesin pertanian ( foto:istimewa)
“Kali ini pengujian alat mesin pertanian dilakukan untuk memenuhi permohonan CV. Javatech Agro Persada, untuk pengujian alat mesin Transplanter dan mesin perontok padi. Pengujian dilakukan di lokasi pemohon yaitu wilayah kabupaten Pati provinsi Jawa Tengah, “ kata Teguh saat dihubungi melalui pesan whatsapp-nya.

Teguh mengatakan, pengujian dilakukan dalam upaya memenuhi regulasi yang diatur dalam Undang-undang Nomor 22 tahun 2019 tentang  Budi Daya Pertanian Berkelanjutan. “Dan tentunya sebagai kelayakan penggunaan alat mesin yang akan digunakan oleh konsumen. Semangat ini mendorong untuk terpenuhinya target PAD di Jawa Barat,” ujar teguh lagi.

 Ia menambahkan, pengujian dilakukan sampai ke Jawa Tengah atas permintaan produsen. Katanya, tak semua provinsi memiliki lembaga dan lisensi untuk melakukan pengujian alat mesin pertanian. Jawa Barat, katanya, termasuk provinsi yang memiliki lembaga untuk menguji alat mesin pertanian, bersama sumatera Barat dan Sumatera Utara. 

“Dan kita bisa melakukan pengujian sampai ke Jawa Tengah ini, bahkan ke Jawa Timur karena meraka tak punya lembaga pengujian alat mesin pertanian seperti kita,” kata Teguh tentang upaya jemput bola sampai ke Pati, Jawa Tengah. (*/sein).

Kepala Balai Mektan Jabar Teguh Khasbudi bersalama dengan Direktur CV Javatech Agro Persada,
 (foto;istimewa)

×
Berita Terbaru Update