Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Hj.Iis Turniasih Minta Pemprov Jabar Pertahankan Lahan Produktif Pertanian

Sabtu, 20 Februari 2021 | 10:38 WIB Last Updated 2021-02-25T03:47:13Z

Hj.Iis Turniasih ( Anggota Komisi IV DPRD jabar dari FPDIP) (foto:isitimewa)
BANDUNG, Faktabandungrata.com,--- Dalam upaya mempertahankan ketahanan pangan dan penguatan pangan nasional, sudah seharusnya pemerintah provinsi Jawa Barat melakukan kerjasama dengan berbagai elemen masyarakat dan instansi terkait.

Menurut Anggota Komisi IV DPRD Jabar Hj.Iis Turniasih, selain menjalin kerjasama dengan berbagai elemen masyarakat, Pemerintah Provinsi Jabar juga harus dapat mempertahankan lahan produktif pertanian. Jangan ijinkan perusahaan non pertanian berdiri di lahan pertanian produktif.  Hal ini sesuai dengan Perda No 27 tahun 2010 terntang perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan.

Dalam menjaga ketahanan pangan, tentunya tidak terlapas dari ketersediaan lahan pertanian.  Kalau lahan pertanian produktif semakin berkurang, tentunya produksi pertanian  dalam memenuhi ketahanan pangan semakin sulit dapat terpenuhi. Padahal selama pandemi covid-19,  sektor pangan pertanian yang diandalkan untuk mengatasi persoalan ekonomi masyarakat.

Politisi perempuan PDIP Jabar ini juga mengatakan, guna meningkatkan produktifitas pertanian, perlu adanya perluasan infrastruktur pertanian.

Perluasan infrastruktur pertanian bertujuan untuk mempermudah akses terhadap pelaku usaha menengah serta meningkatkan daya saing dan kepercayaan diri para petani, wakil rakyat dari dapil Kab.Purwakarta- Kab Karawang ini.

Berdasarkan  Perda Nomor 27 Tahun 2010 tentang perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan. Maka, jangan berikan izin perusahaan non pertanian untuk membangun perusahaan di wilayah pertanian produktif, dan pemerintah daerah wajib memfasilitasi pemasaran produk hasil tani, ujarnya.

Lebih lanjut Hj.Iis Turniasih mengatakan, rencana pemprov Jabar untuk menjadikan sektor pertanian sebagai salah satu unggulan Jabar di masa depan dengan pemanfaatan teknologi digital.

Terkait rencana tersebut, tentunya cukup positif, dan akan kita dukung. Untuk itu, kita minta pemprov Jabar  memaksimalkan sektor pertanian dan ketahanan pangan. Sehingga target Jabar sebagai provinsi swasembada pangan dengan mengurangi impor secara bertahap dapat terwujud.

Lahan pertanian milik provinsi Jabar masih cukup luas, untuk itu, dalam meningkatkan produksi pertanian selain memanfaatkan teknologi juga sudah seharusnya, membuka lahan baru  milik pemprov Jabar agar bisa digarap oleh petani, tandasnya. (adiakrya/husein).

×
Berita Terbaru Update