Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Komisi IV DPRD Jabar Dorong Pembangunan Apartemen Transit di Seluruh Kab/kota se Jabar

Sabtu, 20 Februari 2021 | 12:31 WIB Last Updated 2021-02-20T05:31:28Z

Apartemen transit di Batujajar KBB (foto:disperkim)
BANDUNG, Faktabandungraya.com,--- Kaum buruh atau pekerja dengan berpenghasilan rendah tentunya sangat kesulitan dapat memilki rumah sendiri. Untuk Komisi IV DPRD Jawa Barat mendorong pemerintah provinsi Jabar untuk dapat membangun  apartemen transit atau rumah susun sementara sewa (Rusunawa).

Anggota Komisi IV DPRD Jabar H.Memo Hermawan mengatakan, seiring dengan perkembangan pembangunan dan pertumbuhan penduduk di provinsi Jawa Barat, tentunya setiap warga menginginkan dapat memiliki tempat tinggal atau rumah sendiri. Namun, apa daya harga rumah kini tidak ada yang murah.

Hal ini tentunya sangat kesulitan bagi warga yag memiliki penghasilan rendah, apalagi penghasilan pas-pasan. Untuk itu, Komisi IV DPRD Jabar mendorong Pemerintah Daerah provinsi Jabar melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman untuk dapat membangun beberapa apartemen atau Rusunawa di seluruh kabupaten/ kota se Jaabar.

Demikian dikatakan anggota Komisi IV H.Memo Hermawan saat dihubungi Faktabandungraya.com terkait akan kebutuhan perumahan/ tempat tinggal bagi buruh atau pekerja penghasilan rendah, Sabtu (20/02-2021).

Menurut Memo, sebenarnya Pemprov Jabar melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) bekerjasama dengan kementrian PUPR telah membangun beberapa apartemen transit atau Rusunawa, seperti di Batujajar, Rancaekek, Solokanjeruk, dan Ujung Berung.

Keempat apartemen transit tersebut saat ini dikelola oleh oleh Balai Pengelolaan dan Pelayanan Perumahan Jawa Barat (BP3JB) dibawah Dinas Perumahan dan Pemukiman Jawa Barat.

Namun, kedepan Kita (komisi IV) akan mendorong pihak Pemdaprov Jabar melalui Dinas Rumkim untuk juga membangun Apartemen transit/ rusunawa di seluruh kabupaten/kota se Jabar, ujar Memo Hermawan yang juga Ketua Fraksi PDIPerjuangan DPRD Jabar ini.

Politisi senior PDIP Jabar ini menambahkan, pengadaan Apartemen Transit atau Rusunawa ini, sangat bagus dalam rangka penyediaan rumah yang layak bagi masyarakat. Saya mendorong agar apartemen transit ini juga dibangun di kabupaten/kota lain.

H.Memo Hermawan (anggota Komisi IV DPRD Jabar (foto:istimewa)

Lebih lanjut, mantan Wakil Bupati Garut ini mengungkap, rencananya apartemen transit ini akan dibangun di sejumlah wilayah di Jawa Barat diantaranya Kabupaten Garut, Purwakarta, Cirebon, Cianjur, Bekasi dan Karawang.

Apartemen Transit yang disediakan oleh Pemdaprov Jabar ini dengan sistem sewa dalam jangka waktu tertentu, Hal ini tentunya sangat dirasakan manfaatnya dan diminati terutama oleh pekerja industri sebelum memiliki rumah sendiri.

“Di apartemen transit, penghuni akan diarahkan dan didampingi oleh pengelola untuk memiliki rumah sendiri dengan gerakan menabung berkerjasama dengan Perbankan’, jelasnya.

Memo  berharap kedepan, pihak BP3JB tidak hanya pembangunan Rusunawa tetapi bisa menyediakan rumah yang layak dan terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah dalam bentuk lainnya seperti perumahan murah dan kawasan siap bangunan.

Bagaimana kondisi dan fasilitas yang disediakan di Apartemen transit yang telah ada di 4 lokasi berbeda ?.  

Dari 4 aparteme transit tersebut  memiliki ruang hunian hingga 953 unit. Pertama, Apartemen Transit Rancekek memiliki luas lahan hingga 3,8 hektar dengan 6 twin block dan ruang hunian mencapai 579 unit, Apartemen Transit Solokan jeruk dengan luas lahan 0,9 hektar. disini ada 2 twin block dengan 198 unit.

Sedangkan , Apartemen Transit Ujung Berung yang memiliki 3 twin block dengan 226 unit dan 48 unit, Apartemen Transit Batu Jajar dengan 1 twin block, 89 ruang hunian, Keempat apartemen ini memiliki 2 tipe, yaitu tipe 24 dan 27, tandasnya. (adikarya/husein).

×
Berita Terbaru Update