Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

HPN 2021, PWI Kota Bandung Tandatangani MoU Dengan USB dan STAIPI

Selasa, 09 Februari 2021 | 22:29 WIB Last Updated 2021-02-09T15:29:54Z

Ketua PWI Kota Bandung Hardiyansyah, Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana,
Rektor USB-YPKP Drs. Asep Efendi,  Ketua STAIPI Bandung, DR. Nurmawan,  (foto:pwibdg)
BANDUNG, Faktabandungraya.com,---  Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2021 tingkat Kota Bandung  dilaksanakan penandatangan perjanjian kerjasama atau Memorandum Of Understanding (MoU) Tri Dharma Perguruan Tinggi antara Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bandung bersama Universitas Sangga Buana (USB) YPKP serta Sekolah Tinggi Agama Islam Persatuan Islam (STAIPI) Bandung.

Penanda tanganan MoU antara PWI Kota Bandung dengan Perti USB dan STAIPI disaksikan langsung Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana serta Wakil Ketua DPRD Kota Bandung, Ade Supriadi di Balaikota, Bandung, Selasa (9/2/2021).

Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana menandaskan dengan mengusung tema “Bangkit dari pendemi, Pers sebagai akselerator perubahan” HPN kali ini diharapkan menjadi momentum penguatan peran dan konsistensi wartawan dalam membantu mengatasi penyebaran virus corona.

Ia juga mengapresiasi peran aktif wartawan Kota Bandung dalam menyebarkan informasi dan mengedukasi masyarakat, khususnya dalam membantu pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19.

“Saya pun merasa bangga, keluarga besar PWI kota Bandung sangat aktif dalam penyebaran informasi dan pendidikan terkait pandemi, yang mudah-mudahan konsisten hingga persoalan ini benar-benar tuntas,” katanya.

Menurutnya, peran pers salah satunya dengan menyebarkan informasi yang menyeluruh tentang pandemi dan selalu mengajak masyarakat untuk patuh pada protokol kesehatan.

“Peringatan HPN 2021 harus menjadi momentum penguatan peran dan konsistensi wartawan dalam membantu mengatasi penyebaran virus corona, agar kehidupan warga kembali pulih seperti sediakala,” tambahnya.

PWI Kota Bandung mengikuti HPN Tingkat Nasional melalui daring, (foto:pwibdg).

Di tempat yang sama, Ketua PWI Kota Bandung, Hardiyansyah, SH mewanti-wanti agar seluruh wartawan di Kota Bandung dapat mewujudkan misi organisasi melalui pemberitaan yang berimbang, berintegritas dan edukatif sehingga dapat memberikan kontribusi dalam membantu pemulihan ekonomi di masa pandemi.

“HPN 2021 dilaksanakan di masa pendemi diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam mengelola demokrasi di Indonesia dan membantu pemulihan ekonomi di masa pandemi,” ujar Andhy sapaan akrabnya.

Menurutnya, PWI sebagai salah satu lembaga atau organisasi profesi secara umum mengemban fungsi dan peran, selain melindungi para anggota dan kemandirian serta kewibawaan kelembagaannya secara keseluruhan dengan membina dan menegakkan kode etik. Selain itu juga berupaya meningkatkan dan atau mengembangkan karier, kemampuan, kewenangan profesional, martabat dan kesejahteraan juga SDM para anggotanya.

Dijelaskan, penandatangan MoU dengan perguruan tinggi tersebut senada dengan PD/PRT PWI yakni menyelenggarakan, mendorong, dan membantu pendidikan serta pelatihan kewartawanan dan aspek lain yang berkaitan dengan kompetensi dan  profesionalisme pers.

Melalui kerja sama ini, diharapkan para wartawan Kota Bandung bisa menimba ilmu dan menghasilkan wartawan yang profesional khususnya dalam menyampaikan program-program Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung.

Andhy menegaskan, kolaborasi ini bertujuan untuk meng-upgrade ilmu dari teman-teman wartawan sehingga keluarga PWI Kota Bandung yang ingin mendapatkan tambahan ilmu bisa berkuliah di 2 perguruan tinggi ini secara gratis.

PWI Kota Bandung mengikuti HPN Tingkat Nasional melalui daring, (foto:pwibdg).
Penandatangan kerja sama ini pun disambut baik oleh Rektor Universitas Sangga Buana (USB) YPKP, Dr. Asep Effendi, SE., M.Si., PIA., CFrA., CRBC serta Ketua STAIPI Bandung, DR. Nurmawan, M.Ag.

Dipaparkan Asep, bahkan kerja sama ini merupakan bukti kontribusi Universitas Sangga Buana terhadap Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dan diharapkan sinergitas positif antara media dengan perguruan tinggi dapat semakin membantu pencapaian program-program untuk Bandung lebih maju.

“Di kami ada program yang namanya Bakti Sangga Buana untuk anak negeri, inilah salah satu bukti kontribusi kami terhadap Pemkot Bandung yaitu berupa beasiswa untuk anak negeri,” ucapnya.

Hal senada disampaikan Ketua STAIPI, Nurmawan dan pihaknya menyambut baik kolaborasi bersama PWI Kota Bandung serta ke depan siap mengimplementasikan kerjasama yang saling menguatkan satu sama lain.

Acara peringatan HPN 2021 sendiri berlangsung digelar secara daring (dalam jaringan) yang terintegrasi secara nasional serta dibuka langsung Presiden Jokowi di Ancol Jakarta serta dirangkai juga daring bersama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (*/red).

×
Berita Terbaru Update