Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Komisi II DPRD Jabar Dorong Pemberdayaan Masyarakat Budidaya Hasil Hutan Bukan Kayu

Kamis, 11 Februari 2021 | 13:10 WIB Last Updated 2021-02-11T06:10:08Z

Anggota Komisi II DPRD Jabar Asep Suherman (foto:humas). 
TASIKMALAYA, Faktabandungraya.com,--- Anggota Komisi II DPRD Jawa Barat Asep Suherman, minta agar Dinas Kehutanan Jabar beserta jajarannya ( Cabang Dinas Kehutanan) untuk mengkaji potensi  Hutan Rakyat yang berada diwilayah Cabang-cabang Dinas Kehutanan Jabar. Sehingga produksi hasil hutan bukan kayu dapat lebih produktif.

Hutan yang dimiliki provinsi Jabar masih cukup luas, untuk itu harus tetap terjaga sebagai  konservasi SDA. Namun,  peran Dinas Kehutanan bukan hanya sebatas konservasi SDA dan ekosistemnya di lahan - lahan kritis,  tetapi harus memiliki kemampuan untuk dapat menghasilkan hasil hutan bukan kayu.

Untuk itu, Asep Suherman minta kepada Dinas Kehutanan dan Cabang Dinas Kehutanan, untuk dapat memberdayakan masyarakat dengan cara memberikan pendidikan dan pelatihan serta penyuluhan. Sehingga masyarakat tidak hanya mengandalkan kayu, tetapi dapat menghasilkan produksi hasil hutan selain kayu, seperti Jamur atau Madu.

Hal ini disampaikan Anggota Komisi II DPRD Jabar Asep Suherman saat melakukan kunker di  Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Wilayah VI Tasikmlaya, terkait evaluasi kegiatan Tahun 2020 Cabang Dinas Kehutanan Wilayah VI Tasikmalaya, Rabu (10/2/2021).

Dikatkan, Asep Suherman, KCD Wilayah VI Tasikmalaya yang meliputi Kota dan Kabupaten Tasikmalaya memiliki lahan seluas 132.266,96 Ha. Untuk itu, agar  hutan tetap terjaga dan masyarakat memiliki penghasilan yang dapat meningkatkan ekonomi, maka harus diberdayakan, diberikan pendidikan, pelatihan, pendampingan selama melakukan pembudidayaan hasil hutan bukan kayu, hingga bisa berjalan mandiri.

"Karena masyarakat itu kalau sudah tau ilmunya dan mengerti bahwa ini memiliki nilai ekonomis yang tinggi, dari pada usaha yang lain yang tidak jelas dengan spekulasi yang tinggi, lebih baik itu, dilatih budidaya Jamur atau Madu", tandasnya. (sein).

×
Berita Terbaru Update