Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Komisi IV DPRD Jabar Dorong Percepatan Pembangunan Rusunawa Purwakarta

Hj.Iis Turniasih bersama rombangan Komisi IV DPRD Jabar meninjau proyek pembangunan Rusunawa di Kabupaten Purwakarta (foto:istimewa)

BANDUNG, Faktabandungraya.com,--- Pembangunan Rumah Susun Sementara Sewa (Rusunawa) di Kabupaten Purwakarta merupakan kerjasama Pemerintah Provinsi Jabar dengan Pemerintah Pusat dalam memenuhi kebutuhan tempat tinggal bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Rusunawa di Purwakarta dibangun di atas lahan milik Pemerintah Provinsi seluas 23 Hektar . Nantinya akan dibangun sebanyak 4 tower rusunawa.  Sedangkan biaya pembangunannya berasal dari APBN melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Untuk mengetahui sejauh progress pembangunannya, baru-baru ini Komisi IV DPRD Jabar meninjau langsung ke lokasi proyek pembangunan Rusunawa di Kabupaten Purwakarta.

Menurut anggota Komisi IV DPRD Jabar Hj.Iis Turniasih, berdasailkan hasil pemantauan dan keterangan pihak pengawas proyek pembangunan Rusunawa, kepada rombongan Komisi IV DPRD Jabar, bahwa progress pembangunan Rusunawa Purwakarta baru mencapai sekitar 57 persen yang seharusnya sudah mencapai sekitar 63 persen.

Adanya keterlambatan pembangunan Rusunawa  tersebut dikarenakan adanya keterlambatan pemcairan dana dari Kementerian PUPR selaku yang membiayai pembangunan Rusunawa Purwakarta.

“ Terjadinya keterlambatan pembangunan Rusunawa lebih disebabkan oleh adanya keterlambatan pencairan dana dari pihak Kementerian PUPR. Dimana pihak Kementerian PUPR baru menagihkan ke Kementerian Keuangan sebesar 30 persen, seharusnya sudah 50 persen, sehingga berdampak terhadap keterlambatan pembangunan”.

Demikian dikatakan anggota Komisi IV DPRD Jabar, Hj.Iis Turniasih saat dimintai tanggapannya terkait hasil kunjungan Komsi IV DPRD Jabar kelokasi proyek Pembangunan Rusunawa di Kabupaten Purwakarta,

Iis berharap, agar penyelesaian pembangunan Rusunawa di Purwakarta ini dapat secepatnya diselesaikan, sehingga secapatnya dapat dimanfaatkan oleh warga Purwakarta yang berpenghasilan rendah.

“Kan tujuan pembangunan Rusunawa di beberapa daerah di Jabar untuk memenuhi kebutuhan perumahan/ tempat tinggal bagi masyarakat sebagian masyarakat Jabar yang berpenghasilan rendah. Sehingga dapat tinggal dan hidup dilingkungan yang bersih, sehat dan nyaman”, ujar politisi PDIP Jabar ini.

Sebagai wakil rakyat dari Dapil Jabar 10 (Kabupaten Karawang & Kabupaten Purwakarta) Iis Turniasih mengatakan program pembangunan Rusunawa atau apartemen transit ini sangat bagus dalam rangka penyediannn tempat tinggal layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Untuk itu, kata Iis Turniasih yang juga Bendahara DPC PDIP Kab Purwakarta ini, pihaknya akan terus mendorong pemerintah provinsi untuk menyediakan lahan di seluruh Kabupaten kota untuk dijadikan lokasi pembangunan Rusunawa.

Rusunawa atau Apartemen Transit yang disediakan oleh Pemdaprov Jabar ini dengan sistem sewa dalam jangka waktu tertentu, Hal ini tentunya sangat dirasakan manfaatnya dan diminati terutama oleh pekerja industri sebelum memiliki rumah sendiri.

“Di Rusunawa/  apartemen transit, penghuni akan diarahkan dan didampingi oleh pengelola untuk memiliki rumah sendiri dengan gerakan menabung berkerjasama dengan Perbankan’,tandasnya. (adikarya/husein).