Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Sejak Jadi KEK, Pantai Pangandaran Semakin Cantik dan Mempesona Bagi Wisatawan

Pantai Barat Pangandaran (foto:istimewa)
PANGANDARAN, Faktabandungraya.com,--- Sejak ditetapkan sebagai kawasan ekonomi khusus (KEK) oleh Pemerintah Pusat dan Provinsi Jabar tahun 2019 lalu, kini Pantai Panganadaran terus dibenahi dan dipercantik, berbagai ornament yang dilengkapi dengan lampu warna-warni tentunya menambah daya tarik bagi setiap wisatawan yang datang ke Pantai Pangandaran.

Sejak direvitaliasi, keindahan Pantai Timur Sunrise dan Pantai Barat Sunset, kini kedua pantai Pangandaran tersebut  semakin cantik. Bahkan pada malam hari kawasan ini semakin indah karena disiram ragam warna cahaya lampu.

Menurut Anggota Komisi II DPRD Jabar, Ir.H. Herry Derwaman, penataan kawasan Pantai Pangandaran tentunya tidak terlepas dari keinginan bersama Eksekutif dan Legislatif Jabar untuk menjadikan Pangandaran sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa, sudah sejak lama Pangandaran menjadi destinasi pariwisata primadona di Jawa Barat. Untuk itu sebagai destinasi  wisata primadona, sudah seharusnya Pangandaran mendapat prioritas untuk dikembangkan.

“Alhamdulillah sejak Pantai Pangandaran ditetapkan sebagai KEK, kondisi terkini Pantai Pangandaran semakin cantik dan nyaman bagi wisatawan, sehingga menambah daya tarik bagi wisatawan untuk berwisata ke Pangandaran”, kata warga Ciamis yang menjadi anggota DPRD Jabar Herry Dermawan, kepada Faktabandungraya.com, saat dihubungi melalui telepon selulernya, Jum’at (19/02/2021).

Menurut, Herry Dermawan, guna mendukung usulan penataan/ revitalisasi pantai Pangandaran sebagai destinasi wisata primadona di Jawa Barat, maka pada tahun anggaran 2019 lalu, telah digelontorkan anggaran sebesar Rp.80 miliar dari APBD Jabar.  

Cukup besarnya anggaran yang digelontor untuk menata kawasan Pantai Pangandaran, maka kita di Komisi II DPRD Jabar, meminta agar bantuan pemerintah provinsi yang puluhan miliar itu harus dipake semua.

“Wajah Pangandaran gak bisa biasa-biasa saja. Harus berkelas dalam segala hal, baik akses jalan, bandara, fasilitas kelas dunia yang memadai, SDM yang siap dan kebijakan yang berpihak. Sehingga wisatawan pun akan semakin tertarik,” politisi PAN Jabar ini.

Sebelumnya Gubernur Jabar  menilai Pangandaran sebagai daerah yang paling siap untuk dijadikan KEK pertama di Jawa Barat dengan lahan seluas 196 hektare. Dan anggaran sebesar 1 triliun untuk pembangunan pusat perbelanjaan maupun perhotelan.

Untuk Pengembangan daerah wisata Pemprov Jabar menggelontorkan anggaran Rp 40-80 miliar untuk setiap kabupaten/kota agar bisa membuat satu destinasi wisata baru. Sementara khusus untuk Pangandaran anggarannya dinaikkan dua kali lipat hingga mencapai Rp 80 miliar.

Salah satunya untuk membangun akses konektifitas transportasi mulai dari reaktivasi jalur kereta Bandung-Pangandaran, pelebaran jalan darat termasuk pengembangan jalur udara dengan merevitalisasi Bandara Nusawiru.

Pangandaran selain diproyeksikan sebagai  Kawasan Ekonomi Khusus di sektor pariwisata, juga diusulkan sebagai KEK di industri kemaritiman. Kedua potensi ini menjadi syarat persetujuan administratif di pemerintah pusat. (adikarya/husein).

Posting Komentar

0 Komentar