Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Peduli Bencana, Memo Melaksanakan Reses Bersama Warga Korban Longsor Cilawu-Garut

Memo Hermawan memberikan bantuan sembako dalam  kegiatan reses bersama warga korban longsor
di Desa karya Mekar Kecamatan Cilawu -Garut. (foto:istimewa) 
GARUT, Faktabandungraya.com,-- Anggota DPRD Jawa barat Drs.H.Memo Hermawan yang juga Ketua Fraksi PDI Perjuangan melaksanakan hari kedua kegiatan Reses II tahun 2020-2021, bersama warga  Desa Karya Mekar, Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut, Selasa (02/03-2021).

Kedatangan, H.Memo Hermawan ke lokasi  bancana longsor Cilawu-Garut, sebagai wujud peduli bencana dan turut prihatian atas bencana alam, Memo Hermawan membawa paket sembako yang dibagikan kepada warga Desa Karya Mekar, baik yang masih tinggal di Posko Pengungsian sementara maupun yang sudah kembali ke rumah-masing.

Dalam kegiatan resesnya, H. Memo Hermawan yang juga anggota Komisi IV DPRD Jabar ini,   didampingi Wakil Bupati Garut Helmi Budiman, Pengurus DPC PDIP Garut dan Tim Baguna DPD Jabar dan DPC PDIP Garut.

Dihadapan warga Cilawu yang terdampak korban tanah longsor , Memo Hermawan mengatakan, bahwa dirinya sengaja melaksanakan kegiatan reses di lokasi musibah, hal ini sebagai wujud kepedulian dan rasa prihatin kepada masyarakat yang terkena musibah.  Namun, Memo juga  memaparkan serangkan progrom kerja DPRD Jabar, termasuk tujuan kegiatan Reses yaitu menyerap aspirasi masyarakat untuk dibawa ke DPRD Jabar.

Usai memberikan paparan, Memo juga memberikan waktu dan kesempatan kepada masyarakat Cilawu untuk menyampaikan aspirasi dan tanya jawab.

Beberapa perwakilan peserta reses, menyampaikan kepada Memo, soal mohon dukungan bantuan removasi rumah,  perbaikan fasilitas umum dan infrastruktur jalan dan jaringan irigasi yang rusak  akibat tertimbun longsoran tanah.  Bahkan ada juga warga yang bersedia pindah rumah dari lokasi longsor, tetapi minta difasilitasi oleh pemerintah.

Memo Hermawan anggota DPRD Jabar didampingi Wakil Bupati Garut meninjau rumah
dan tanah warga yang terdampak longor tanah di Cilawu-Garut (foto:istimewa)

Menanggapi aspirasi warga Cilawu, Memo mengatakan, terima kasih atas aspirasi yang disampaikan, semua aspirasi yag disampaikan, sudah saya catat.

Menanggapi aspirasi yang disamapaikan masyarakat Cilawu, anggota DPRD Jabar dari dapil jabar 14 ini mengatakan, semua aspirasi yang disampaikan oleh peserta reses sudah saya catat dan serap.  Selanjutnya, aspirasi dari masyarakat Cilawu ini akan saya bawa ke DPRD Jabar, untuk dapat dibahas lebih lanjut oleh seluruh anggota DPRD Jabar, serta juga akan kita sampaikan ke intansi di jajaran Pemprov Jabar.

Namun,  tentunya, tidak semua aspirasi yang disampaikan, dapat ditndak lanjuti di tingkat provinsi, ada juga yang menjadi kewenangan pemerintah Kabuapten Garut. Dan kebetulan sekali, ditengah kita turut hadir Wakil Bupati Garut, pak Helmi Budiman yag tentunya sudah mendengar langsung dan menyerap aspirasi masyarakat Cilawu, ujar Memo Hermawan yang pernah menjadi Wakil Bupati Garut periode 2004-2009 ini.

 “Atas nama seluruh anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, kami  turut prihatin atas terjadinya bencana tanah longsor yang terjadi di Desa Karya Mekar, Kecamatan Cilawu ini., ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Memo Hermawan mengajak dan menghimbau warga Cilawu untuk  bersama-sama melakukan gerakan penanaman pohon atau penghijauan kembali agar bencana longsor tidak terulang kembali.

 “ Tentunya perlu ada penghijauan kembali berupa penanaman pohon agar bisa menahan dan mencegah terjadinya lagi bencana tanah longsor dilokasi ini, dan kamipun insya Alloh akan mendorong pemerintah provinsi untuk membantu dalam pembangunan infrastruktur yang rusak akibat longsor ini,” tandasnya. (adikarya/husein).

 

Posting Komentar

0 Komentar