Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Komisi IV DPRD Jabar Tinjau Longsor di Cisarua Lembang Jalur Menuju Curug Cimahi

Rombongan Komisi IV DPRD saat meinjau longsor di Cisarua Lembang Kabupaten Bandung Barat (foto:humas).

BANDUNG BARAT, Faktabandungraya.com,--- Rombongan Komisi IV DPRD Jabar yang dipimpin langsung Wakil Ketua DPRD Jabar Dr.Hj.Ineu Purwadewi Sundari meninjau langsor lokasi terjadinya longsor di Cisarua -Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (15/04-2021).

Ketika kita (DPRD Jabar-red) mendapat kabar bahwa telah terjadi longsor di wilayah Cisarua Lembang, Kabupaten Bandung Barat, maka langsung melakukan kunjungan kerja untuk meinjau langsung ke lokasi longsor.

Longsor terjadi di jalur menuju objek wisata Curug –Cimahi, untuk itu, saat rombongan Komisi sampai dilokasi musibah tanah longsor, dan menanyakan langsung ke masyarakat setempat. Masyarakat setempat membenarkan bahwa telah terjadi longsor dan damapk longsoran tanah tersebut telah menutupi jalur menuju objek Wisata Curug Cimahi. Untuk itu, masyarakat setempat meminta kepada Komisi IV DPRD jabar agar segara dilakukan perbaikan.

Akibat longsor yang menimpa jalur Cisarua terputus, tentunya menghambat aktifitas  dan arus transportasi masyarakat maupun  wisatawan untuk berkunjung ke curug Cimahi.,, ujar Kang Memo – sapaan H.Memo Hermawan saat dhubungi terkait hasil peninjauan Komisi IV ke lokasi longsor Ciasarua-Lembang, Kamis  (15/04-2021).    

Dalam rangka menghadapi mudik lebaran tahun ini, tadi Ibu Wakil Ketua Ine Purwadewi Sundari telah meminta kepada pihak Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BPPR) Jabar untuk secepatnya melakukan perbaikan jalur yang terputus akibat dari longsor. Karena, biasanya cukup masyarakat akan berwisata di Curug Cimahi.  Apaklagi sebentar lagi lebaran, ujar kang Memo menirukan ucapan yang disampaikan Ineu.

Rombongan Komisi IV DPRD saat meinjau longsor di Cisarua Lembang Kabupaten Bandung Barat
(foto:humas).

“Pemerintah Daerah khusunya Bina Marga sudah melakukan upaya – upaya, salah satunya yaitu dengan merelokasi dari jalan yang sekarang eksisting ke jalan yang dinyatakan aman,” ujar Kang Memo, anggota Komisi IV DPRD Jabar ini.

Disinggung tentang dukungan yang akan diberikan DPRD terhadap relokasi jalan ini, Ineu menambahkan, bahwa ini menjadi perhatian serius bagi Pemerintah Daerah, dan juga dinas terkait agar rencana yang sudah dicanangkan di tahun 2022 untuk melakukan relokasi bisa dilakukan. Sehingga kedepannya ada jalan yang betul – betul bisa digunakan dan tidak rawan longsor lagi ketika cuaca hujan turun di wilayah tersebut.

Lebioh lanjut Kang Memo mengatakan, berdasarkan hasil peninjau jalur Cisarua-Lembang menuju Curug Cimahi, sudah seharusnya pemerintah mellui Dinas BMPR Jabar mencarikan solusi terbaik atau mencarikan jalur alternatif  menuju Curug Cimahi ketimbang melakukan konstruksi di sekitar wilaya ini karena tanahnya yang labil.

“Kami (Komisi IV) menilai bahwa dengan upaya merelokasi jalan ini adalah upaya yang tepat dan aman kedepannya, tetapi membutuhkan dana yang cukup besar. Untuk itu, kita akn minta kepada Tim TAPD  Jabar untuk bisa menganggarkan alokasi anggaran untuk Relokasi Jalan Provinsi di dekat Curug Cimahi ini, tandasnya. (adikarya/husein).

 

Posting Komentar

0 Komentar