Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Hasbullah : Meningkatkan Produksi Ketahanan Pangan Harus Didukung Jaringan Irigasi Bagus

Rabu, 19 Mei 2021 | 01:41 WIB Last Updated 2021-05-24T18:45:30Z

Anggota Komisi IV DPRD jabar, M.HAsbullah Rahmat (foto:istimewa)
BANDUNG,  Faktabandungraya.com,--- Anggota Komisi IV, M. Hasbullah Rahmat, S.Pd, M.Hum mengatakan, bahwa kedepan kebutuhan ketahanan pangan akan terus meningkat. Untuk itu, dalam upaya meningkatkan ketahan pangan maka harus didukung dengan jaringan irigasi yang baik dan lancar.

Untuk mendukung jaringan irigasi bagus dan lancar tentunya perlu ada perbaikan, Maka DPRD Jabar mendorong pemerintah provinsi Jawa Barat memalui Dinas Sumber Daya Air (Dinas SDA) dengan program irigasi tuntas atau perbaikan irigasi, pada tahun anggaran 2021.

Pada tahun anggaran 2021 ini telah dialokasikan anggaran sebesar Rp. 15 M. Dengan anggaran sebesar Rp.15 M tersebut, tentunya persoalan irigasi tidak dapat diselesaikan semua, kata Hasbullah Rahmat saat dihubungi melalui telepon selulernya, Rabu (19/5-2021).

Dikatakan, selama masa pandemic covid-19, seluruh sector kehidupan mengalami guncangan, terutama sector perekonomian.  Namun, ada sector yang tetap bertahan yaitu pertanian.  Karena hingga kini Indonesia, khususnya di provinsi Jabar yang hingga kini masih mampu memproduksi kebutuhan ketahanan pangan.

Hal ini mengingat, sejak Februari hingga kini (pertengahan Mei)  hujan masih terus turun dibeberapa wilayah provinsi Jabar. Bahkan pada akhir Februari lalu, sempat terjadi banjir bandang dibeberapa wilayah di Jabar seperti banjir bandang, Subang, Karawang dan Bekasi serta terjadi longsor di Sumedang, di Garut dan di Sukabumi.  Bencana alam ini tentunya telah merusak jaringan irigasi.

Hasbullah mengatakan, beberapa waktu lalu, Komisi IV melakukan kunjungan kerja ke beberapa kantor Unit Pelayanan Teknis Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Sungai (UPTD DPSDA WS).

Berdasarkan hasil kunjungan kerja dan berkoordinasi dengan pihak UPTD DPSDA WS Dinas SDA Jabar, diungkapkan bahwa beberapa jaringan  irigasi diwilayah  UPTD DPSDA WS dalam kondisi rusak, baik rusak ringan, sedang hingga berat.

“Nah, kerusakan jaringan irigasi ini tentunya tidak boleh dibiarkan berlama-lama, harus segara ditangani. Karena akan berdampak terhadap kepentingan para petani dalam  mengelola lahan pertanian. Dan juga kalau persawahan terjadi kekuarangan air saat musim tanam tentunya akan berdampak terhadap hasil produksi pertanian”.

Lebih lanjut, politisi PAN Jabar ini, yang juga Ketua Badan Kehormatan DPRD Jabar ini mengatakan, selain membahas masalah jaringan irigasi, dalam pertemuan tersebut juga membahas tentang status gedung UPTD DPSDA, yang ternyata masih ada yang mengontrak. Bukan milik aset pemprov Jabar.  Sehingga akan berdampak terhadap kinerja kalangan pegawai di lingkungan UPTD DPSDA.

Ditambahkan Memo, keinginan pagu anggaran untuk PSDA dalam hal ini agar TAPD lebih memprioritaskan untuk pembangunan pengelolaan drainase. Namun, agar lebih komprehensif masing-masing KCD/UPTD harus terus berkoordinasi dengan Bappeda dan TAPD agar ada pembahasan lebih lanjut. Hal ini penting, agar anggarannya lebih efisien untuk pengelolaan drainase dan perbaikan irigasi,” tandasnya. (adikarya/husein).

×
Berita Terbaru Update