Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Disdik Jabar Membuka Pendaftaran PPDB Tahap II Bagi SMA


Spanduk PPDB 2021 Tingkat SMA, SMK dan SLB se-Jabar ( foto:disdikjbr)

BANDUNG, Faktabandungraya.com,---Pemerintah provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pendidikan telah membuka Pendaftaran Tahap II Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk jenjang SMA Negeri  diseluruh Jawa Barat Tahun Ajaran 2021-2022.  Pendaftaran mulai dibuka besok (Jumat) dari tanggal 25 Juni hingga 1 Juli 2021.

Untuk PPDB Tahap II ini, masih tersedia kuota sekitar 50% dari daya tampung keseluruhan di masing-masing satuan pendidikan. Para pendaftar bisa langsung mendaftar secara daring/online di rumah masing-masing (mandiri) melalui laman pendaftar.ppdb.disdik.jabarprov.go.id.

Selain melalui pendaftaran online, calon siswa bisa juga datang ke sekolah yang dituju (apabila tidak ada jaringan dengan menerapkan protokol kesehatan), daftar melalui laman sekolah. ppdb.disdik.jabarprov.go.id.

Pendaftarannya sendiri dibuka dari pukul 08.00-20.00 untuk daring dan pukul 08.00-14.00 untuk luring. Para pendaftar maksimal memilih dua sekolah negeri dan satu sekolah swasta (dalam zonasi).

Berikut tata cara pendaftaran secara garis besar, dapatkan akun dari sekolah asal, login dan mengisi data pada aplikasi PPDB, pilih jalur zonasi dan sekolah tujuan, setelah itu validasi, cek ulang data pendaftaran yang telah dimasukan, submit (kirim data) lalu cetak bukti pendaftaran.

Setelah pendaftar sukses melakukan pendaftaran akan dilakukan verifikasi data yang diinput oleh sekolah tujuan, lalu dilakukan seleksi.

Berikutnya akan dilakukuan pemeringkatan jarak domisili ke sekolah, hingga batas kuota ada jarak yang sama, pemeringkatan kedua berdasarkan usia yang lebih tua.

Persyaratan saat pendaftaran PPDB 2021
Lalu dilakukan penetapan, melalui rapat dewan guru dan penetapan hasil PPDB. Satuan pendidikan berkordinasi dengan Cabang Dinas Pendidikan, input data hasil penetapan ke sistem PPDB lalu dilakukan pengumuman.

Untuk diketahui ini tanggal penting PPDB Tahap II jenjang SMA Negeri di Jabar:

25 Juni – 1 Juli 2021, pendaftaran online secara mandiri atau di sekolah yang dituju;

2-6 Juli 2021, verifikasi data siswa;

7 Juli 2021, seleksi pengolahan nilai;

8 Juli 2021, penetapan hasil PPDB & Koordinasi Satuan Pendidikan dan Cadisdik;

9 Juli 2021, pengumuman;

12-14 Juli 2021, daftar ulang;

19 Juli 2021, hari pertama belajar, tahun ajaran baru 2021-2022. (sein).

 

Posting Komentar

0 Komentar