Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

KPR bank bjb Terus Tumbuh di 2021

bjb KPR terus tumbah di tahun 2021 

BANDUNG, Seiring  dengan jumlah penduduk Indonesia yang semakin meningkat tiap tahunnya, kebutuhan masyarakat terhadap hunian pun senantiasa bertambah. Per akhir Januari 2021, pemerintah memperkirakan kebutuhan rumah berdasarkan kepemilikan mencapai 11,4 juta unit.

Sebagai mitra pemerintah dalam membangun daerah dan mensejahterakan masyarakat, bank bjb sejak lama menaruh komitmen pada peningkatan akses masyarakat terhadap hunian yang terjangkau. Hal tersebut menjadi prioritas mengingat hunian adalah salah satu kebutuhan dasar masyarakat.

Komitmen tersebut diwujudkan melalui penyaluran program bjb Kredit Pemilikan Rumah (KPR). bjb KPR merupakan fasilitas kredit pemilikan rumah yang diberikan bank bjb kepada calon debitur perorangan untuk membeli rumah tapak, apartemen, ruko, rukan dan lainnya. Baik baru (primary) maupun bekas (secondary) dari pengembang atau perorangan.

Program bjb KPR juga dapat dimanfaatkan untuk merenovasi dan membangun rumah, take over serta top up KPR. Program ini terdiri dari lima produk yang diberikan untuk memudahkan calon debitur mendapatkan rumah, meliputi bjb KPR, bjb KPR Flexi, bjb KPR Sejahtera FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan), bjb KPR Gaul, dan bjb KPR Lelang.

Hingga pertengahan 2021, program bjb KPR terus berkembang. Hal ini dibuktikan dengan sejumlah penghargaan yang berhasil diraih. Salah satunya adalah penghargaan prestisius 10 Infobank Digital Brand Awards 2021 yang digelar Financial Hall, Graha CIMB, Jakarta pada Kamis 3 Juni 2021.

Dalam kesempatan tersebut, bank bjb berhasil menyabet meraih peringkat kedua dalam kategori KPR Bank Umum Konvensional untuk Bank Kategori Modal Inti di Atas Rp5 triliun sampai dengan Rp30 Triliun dan Aset di atas Rp100 Triliun.

Penghargaan diterima oleh Pemimpin Divisi KPR & KKB bank bjb Triastoto Hardjanto Wibowo secara virtual. Penghargaan tersebut diraih lewat produk unggulan bank bjb yakni bjb KPR.

Selain itu, penghargaan juga berhasil diraih oleh program bjb KPR Griya Untuk Milenial (Gaul). Pada Jumat 25 Juni 2021, program bjb KPR Gaul mendapatkan penghargaan prestisius Bandung Enterpreneurial Marketing Appreciation of The Month dari MarkPlus, Inc. Program bjb KPR Gaul terpilih karena dinilai dapat melakukan adaptasi dengan cepat, kreatif dan produktif dalam strategi bisnisnya. Meski di tengah pandemi Covid-19, MarkPlus Inc. menyatakan perusahaan lokal tetap dapat bertumbuh dengan menerapkan konsep Entrepreneurial Marketing, yakni Creativity, Innovation, Entrepreneurship, & Leadership.

Keberadaan bjb KPR Gaul memberikan dampak positif baik internal maupun eksternal. Di pihak internal, kehadiran produk ini memberikan kontribusi positif dimana bjb KPR Gaul mendorong laju pertumbuhan kredit yang disalurkan oleh bank bjb. Selain itu, bjb KPR Gaul sekaligus juga merupakan wujud kontinuitas bisnis bank bjb yang berkesinambungan dalam beradaptasi dengan kebutuhan masyarakat khususnya generasi muda.

Di sisi eksternal, bjb KPR Gaul hadir sebagai angin segar bagi kaum millennial. Beragam fitur yang melekat pada produk bjb KPR Gaul membantu kaum Millenial mendapatkan fasilitas KPR dengan mudah. Sehingga, memiliki rumah idaman di usia muda dapat segera menjadi impian yang nyata.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan, penghargaan yang berhasil diraih merupakan bentuk nyata apresiasi terhadap komitmen bank bjb dalam mempermudah akses kepemilikan rumah bagi masyarakat. Widi mengatakan, ekspansi program KPR bjb juga sekaligus merupakan wujud bank bjb dalam mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

"bank bjb tak berhenti melakukan inovasi melalui fasilitas produk KPR demi memberikan kemudahan dalam pemenuhan kebutuhan hunian bagi masyarakat. Langkah kerjasama dengan berbagai pengembang di sejumlah daerah juga terus kami jajaki. Inovasi program bjb KPR Gaul juga kami rancang sebagai angin segar bagi milenial di seluruh Indonesia untuk memudahkan mereka mewujudkan mimpinya,” ungkap Widi.

 

Catatkan Kinerja Impresif

Pada kuartal pertama 2021, kredit yang disalurkan bank bjb bertumbuh sebesar 10,3% menjadi Rp 91,2 triliun. Angka tersebut tumbuh di atas rata-rata nasional yang terkontraksi 1,9% dan juga berada di atas rata-rata Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang tumbuh sebesar 5,96%. Sementara secara konsolidasi kredit yang disalurkan bank bjb tumbuh 2% menjadi Rp 97,05 triliun dari periode yang sama  sebelumnya Rp. 95,2 triliun.

Pertumbuhan kredit tersebut tidak lepas dari pertumbuhan KPR yang meningkat 9,7% menjadi Rp7 triliun. Selain itu, pertumbuhan kredit bank bjb juga ditopang oleh kredit konsumer (tumbuh 5,9%), kredit UMKM (tumbuh 1,3%), dan kredit Komersial (tumbuh 34,2%).

Pertumbuhan kredit tersebut juga diiringi dengan Non-Performing Loan (NPL) yang masih terjaga di angka 1,4%,. Hal tersebut menunjukan bahwa tingkat risiko dapat terkelola dengan baik oleh perusahaan. Kualitas penyaluran kredit perusahaan masih terjaga bila dibandingkan dengan rasio kredit macet.

bank bjb juga tercatat menjadi salah satu BPD di Indonesia dengan realisasi program KPR Subsidi tertinggi. Data yang dihimpun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menunjukan bahwa rata-rata realisasi KPR Subsidi mencapai 202.666 unit per-tahun, dihitung sejak 2015. Realisasi tersebut tidak lepas dari kontribusi para bank penyalur. Di kategori BPD, bank bjb tercatat berhasil melakukan realisasi sebanyak 8.694 unit.

Melalui program bjb KPR Sejahtera FLPP, bank bjb juga kembali meraih kepercayaan pemerintah untuk mensukseskan program sejuta rumah. Hal tersebut tercermin melalui penunjukkan kembali bank bjb sebagai bank pelaksana penyaluran dana KPR FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan) bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) tahun 2021.

Adapun bjb KPR Sejahtera FLPP adalah pembiayaan Rumah Bersubsidi berkerjasama dengan Kementerian PUPR untuk mewujudkan rumah idaman dengan suku bunga rendah sepanjang tenor, cicilan ringan, dan jangka waktu panjang untuk rumah tapak atau rumah susun.

 

bank bjb melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama Operasional (PKO) penyaluran KPR FLPP dengan Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian PUPR. Kepercayaan ini diraih berkat portofolio penyaluran KPR FLPP yang terbilang mengesankan sepanjang 2020. Tercatat bank bjb berhasil menyalurkan KPR FLPP untuk pembiayaan 5.386 unit hunian atau 102% dari target realisasi pembiayaan untuk 5.275 unit.

“Berbagai inovasi program bjb KPR adalah salah satu upaya perseroan untuk berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional, tak terkecuali di masa pandemi Covid-19. Sektor properti adalah bisnis dengan multiplier effect yang besar karena menopang berbagai industri lainnya,” ungkap Widi.

Oleh karenanya, pengembangan program bjb KPR di masa yang akan datang akan terus menjadi salah satu prioritas perusahaan. (*/red)

Posting Komentar

0 Komentar