Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Yuningsih : Sebesar 8 Persen Dana Desa Dapat Digunakan Dukung Fasilitasi Isoman

Rabu, 07 Juli 2021 | 20:04 WIB Last Updated 2021-07-07T17:08:59Z

Yuningsih, anggota DPRD Jabar  (foto:istimewa)
BANDUNG, Faktabandungraya.com,--- Masih tingginya masyarakat terpapar Covid-19, dan tingkat keterisian tempat tidur di setiap rumah sakit masih tinggi, tentunya tidak semua masyarakat dapat dirawat di rumah sakit.  Untuk itu, perlu disiapkan tempat Isolasi Mandiri (Isoman).

Terkait ketersediaan Isoman terutama ditingkat pedesaan, menurut Anggota DPRD Jabar Yuningsih berdasarkan hasil pemantauan DPRD Jabar terutama di Kabupaten Cirebon, ternyata di Pemerintah Kabupaten Cirebon telah memfasilitasi isoman hingga  ke tingkat pedesaan.

“ Isoman yang ada di Kabupaten Cirebon, ternyata berasal dari Hal ini karena , sebesar 8% dana desa sudah dialokasikan untuk pengadaan fasilitas Isoman bagi masyarakat daerah pedesaan”, ujar Yuningsih Anggota DPRD Jabar Daerah Pemilihan Jabar XII (Kabupate/Kota Cirebon dan Indramayu).  Yuningsih mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Cirebon yang telah memfasilitas tempat isolasi mandiri.

"Ini antisipasi yang sangat bagus ada 8 persen dana desa disiapkan untuk fasilitas isoman bagi masyarakat," jelas Yuningsih saat dihubungi. Rabu, (7/7/2021).

Yuningsih mengatakan, hal yang melatarbelakangi hadirnya fasilitas Isoman ditingkat desa selain akibat penuhnya kapasitas rumah sakit di daerah, juga kurangnya pemahaman masyarakat terkait proses pelaksanaan Isoman.

"Sebelumnya ketika masyarakat mengalami gejala mereka melakukan Isoman hanya berdiam diri di rumah tidak melakukan tindakan lain, padahal tidak seperti itu isoman yang seharusnya," katanya.

"Ketika tidak bergejala isoman bukan berarti hanya berdiam diri di rumah, tetap harus mendapatkan obat-obatan dan asupan-asupan lainnya sehingga dapat mempercepat pemulihan," tambahnya.

Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi PKB tersebut menyatakan, ketika ada masyarakat yang tekonfirmasi terpapar covid-19 dan tidak bergejala berat bisa menggunakan fasilitas Isoman yang disediakan oleh pemerintah desa.

"Masyarakat yang terkonfirmasi positif namun tidak bergejala berat bisa melakukan Isoman di kantor desa, disediakan sebuah ruangan yang dipenuhi kelengkapannya dan mendapatkan pemantauan langsung dari pihak desa maupun Puskesmas setempat," tandasnya (hms/sein).

×
Berita Terbaru Update