Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Kelestarikan Lingkungan, Pangdam III/Slw Kontrol Normalisasi 4 Setu Di Bogor

Pangdam III/Slw memberikan keterangan terkait hasil peninjaun kondisi Setu di Wilayah Bogor
(Foto:pendam)
.

Pangdam III/Slw mengatakan, dirinya bersama rombongan  sengaja meninjau beberapa Setu atau Situ wilayah kerja Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane, khususnya Setu Kemang, Setu Cibaju, Setu Udik dan Setu Citongtot yang sedang melaksanakan normalisasi, diiringi dengan Baksos pemberian paket bantuan kepada masyarakat di sekitar Setu, ujarnya.

Dikatakan Pangdam, Situ atau Setu ini memiliki fungsi yang penting menjadi tempat parkir air sekaligus sebagai kawasan resapan. Situ juga memiliki fungsi mengurangi volume air permukaan (run off) yang tak tertampung dan menjadi penyebab banjir atau genangan, pembangkit listrik, serta pengimbuh (recharge) air pada cekungan air tanah.

“Oleh karenanya, dari segi sosioekonomis, Setu dapat berfungsi sebagai cadangan sumber air bersih, sumber penyedia protein dari sektor perikanan darat, sarana rekreasi dan banyak lagi. Kegiatan ini juga bertujuan ikut membantu mengontrol, melindungi dan mengembalikan fungsi Setu dan kembali dapat bermanfaat bukan saja bagi masyarakat sekitar, tetapi juga bagi kelestarian lingkungan, tuturnya.

Pangdam III/Slw didampingi Danrem 061/SK menelusuri Setu di Bogor (Foto:pendam)
Pada kesempatan tersebut juga Pangdam III/Slw mengajak masyarakat yang berada di sekitar khususnya Setu Kemang, Setu Cibaju, Setu Udik dan Setu Citongtot agar bersama-sama dengan Pemda, BBWS Ciliwung Cisadane, TNI, Pemerhati lingkungan dan stakeholder lainnya untuk menjaga kelestariannya, sehingga memiliki nilai manfaat.

Sementara itu, dengan bantuan yang diberikan kepada masyarakat sekitar Setu. Pangdam menyampaikan permohonan maafnya, yakni jangan dinilai besar atau kecilnya bantuan tersebut melainkan bentuk kepedulian dan tali asih Kodam III/Siliwangi kepada warga masyarakat dalam memenuhi sebagian kebutuhan sehari-hari. (Pendam/sein).