Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Kondisi Memprihatinkan, Komisi IV DPRD Jabar Minta Pemerintah Menata Situ Gede Tasikmalaya

Minggu, 16 Januari 2022 | 22:59 WIB Last Updated 2022-01-16T15:59:38Z

Situ Gede Tasikmalaya ( foto:istimewa)
BANDUNG, Faktabandugraya.com,-- Situ Gede berada di wilayah Kabupaten Mangkubumi terletak di perbatasan Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis mempunyai wilayah yang amat luas, yaitu sekitar 47 hektar dan kedalaman hingga 6 meter.

Dahulu Situ Gede sama luasnya dengan Situ Lengkong Panjalu Ciamis. Namun oleh penduduk semakin tak terurus karena sebagian ada yang dijadikan sawah dan kolam. Padahal menjadi pusat irigasi yang airnya tak pernah habis dengan kedalaman mencapai enam meter lebih. Namun, kini kondisinya sudah memprihatinkan, sudah dangkal  dan penuh sampah.

Situ Gede, merupakan pusat irigasi tengah kota yang mengairi ratusan hektare sawah di Kota Tasikmalaya yang menimbulkan efek bagus bagi kehidupan warga sekitar serta pertanian.

Selain itu Situ Gede sudah puluhan tahun menjadi destinasi wisata yang terdapat di Tasikmalaya. Masyarakat yang akan berwisata ke Situ Gede tidak akan menemui kesulitan ketika  untuk berkunjung ke Destinasi Situ Gede, sebab jarak tempuh dari  Kota Tasikmalaya hanya sekitar 30 menit  perjalanan sudah sampai.

Anggota Komisi IV DPRD Jabar Drs.H. Daddy Rohanady membenarkan bahwa kondisi Situ Gede yang ada di wilayah Tasikmalaya memang sudah cukup memprihatinkan. Untuk perlu perhatian dari Pemerintah Provinsi.

Sebagai objek wisata dan sumber air, tentunya Situ Gede Tasikmalaya perlu ditata dan dibenahi,  ujar Daddy Rohanady ketika di hubungan melalui telepon selulernya, Minggu (16/01/2022) terkait hasil peninjauan Pimpinan dan anggota Komisi IV DPRD Jabar ke Situ Gede Tasiklamaya.

Dikatakan, walaupun saya tidak ikut meninjau kemarin, Jum’at (14 Januari 2022). Namun, saya dan rombongan Komisi IV pernah meninjau juga kondisi Situ Gede kondisi Situ Gede Tasikmalaya. Saat itu, kondisinya memang sudah cukup memprihatinkan dan perlu pembenahan/ penataan oleh pemerintah.  

Drs.H. daddy Rohanady, anggota Komisi IV DPRD Jabar dari fraksi Gerindra
(foto:istimewa).
   
Berdasarkan informasi dari kawan-kawan Komisi IV yang kemarin meninjau lokasi Situ Gede , kini kondisinya lebih parah lagi, selain sudah terjadi pendangkalan juga dipenuhi dengan sampah-sampah. Untuk itu, Komisi IV DPRD Jabar meminta Pemerintah Provinsi melalui mitra kerja Dinas Sumber Daya Air Jabar selaku yang berwenang menangani Situ untuk dapat menata  Situ Gede, ujar politisi Partai Gerindra Jabar ini.      

Legislator Jabar dari dapilJabar XII (Kab/kota Cirebon-Kab Indramayu ini, optimis bila sudah ditata dan direvitalasi nanti, Situ Gede ini akan kembali menjadi kebanggaan bagi Warga Tasikmalaya sebagai objek wisata/ destinasi Wisata regional maupun Nasional.

“Keindahan dan kesejukan alam di kawasan Situ Gede  menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung dan berwisata di Situ Gede . Untuk itu perlu perhatian khusus dari pemerintah Provinsi dan Kab/kota termasuk masyarakat Tasikmalaya dan Ciamis”, tandasnya. (adikarya/husein).

×
Berita Terbaru Update