Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Workshop DPRD Sumedang, Dr.Imas Sumiati : Komunikasi Efektif dan Keterampilan Public Speaking

Selasa, 15 Februari 2022 | 22:36 WIB Last Updated 2022-02-15T15:36:59Z

 

Dr. Imas Sumiati, M.Si saat menyampaikan materi : Komunikasi Efektif dan Ketrampilan Public Speaking ( foto rmk)

SUBANG,  Faktabandungraya.com,--- Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Pasundan (Unpas) Bandung bekerjasama dengan DPRD Kabupaten Sumedang  atas rekomendasi BPSDM Provinsi Jabar menggelar Workshop Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Sumedang.


Workshop DPRD Kab Sumedang  dengan Tema “Optimalisasi Fungsi Pengawasan DPRD Terhadap Penggunaan APBD Dalam Implementasi Pembangunan” digelar  di Dayang Sumbi Convention Hall Sari Ater Hotel & Resort yang beralamat di Jalan Raya Ciater Kabupaten Subang, Senin (14/02/2022).


Dalam kegiatan pendalaman tugas dan fungsi bagi anggota DPRD Sumedang tersebut, menghadirkan narasumber Dosen Fisip Unpas Bandung Dr. Imas Sumiati dengan materi yang disampaikan : “Komunikasi Efektif dan Keterampilan Public Speaking”.


Peraih “The Best Presenter” dalam presentasi laporan hasil penelitian ini menjelaskan bahwa komunikasi merupakan suatu bidang yang sangat penting dalam setiap aspek kehidupan, terutama bagi anggota DPRD.


Dr.Imas Sumiati  dalam sesi tanya jawab dengan perserta workshop (foto:rmk).

Retorika atau seni berbicara penting dikuasai dan komunikasi yang dibicarakan adalah komunikasi efektif  yang terjadi dan berlangsung dalam proses pembuatan regulasi, proses pengawasan maupun dalam proses penganggaran sesuai dengan tugas fungsi DPRD.


Komunikasi menjadi modal utama bagi anggota DPRD dalam proses pembelajaran karena komunikasi itu disamping membina hubungan antar sesama baik dilakukan secara individu, individu dengan kelompok lingkungannya, atau bahkan pada tataran organisasi, ujar Imas .


Asesor kompetensi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Unpas ini memaparkan bahwa tujuan komunikasi efektif dan keterampilan Public Speaking bagi anggota DPRD yaitu untuk mengenali dan memahami karakteristik diri sendiri dan orang lain dalam membangun hubungan kerja yang lebih efektif dan produktif.


Dalam acara ini juga ditambahkan sesi caracter test, dimana sesi ini bertujuan  untuk melihat dan menganalisa karakter seseorang dari berbagai sisi dilihat dari pilihan audience terhadap karakter-karakter yang disajikan membuat para peserta menjadi semangat.

Carakter Test bagi anggota DPRD Kab Sumedang ( foto:rmk)


Menjelang akhir acara, terdapat sesi tanya jawab yang mana peserta mengungkapkan kendala yang ada di masyarakat mengenai komunikasi terhadap konstituennya. Dr. Imas memberikan strategi komunikasi marketing berupa metode untuk mempengaruhi orang atau konstituennya agar bisa mengikuti apa yang kita rencanakan. (rmk).

 

×
Berita Terbaru Update