Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Satgas Citarum Sektor 21-17 Bersihkan Tumpukan Sampah di Dam Adi Maja Sungai Citarik

Sabtu, 26 Maret 2022 | 10:49 WIB Last Updated 2022-03-26T03:49:02Z


BANDUNG, faktabandungraya.com
,- Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 17 bersama warga pelopor kebersihan bersihkan tumpukan sampah yang menggenangi sungai Citarik pintu air Dam Adi Maja, yang berlokasi di Rancakemit RT 02 RE 12 desa Solokanjeruk, Kabupaten Bandung.


Pembersihan aliran sungai di pintu Air Dam Adi Maja rutin dilakukan anggota satgas citarum hampir setiap satu minggu. Karena wilayah ini merupakan lokasi yang sering didapati tumpukan sampah.

Dari hasil karya bakti ini, jajaran satgas citarum dan warga berhasil mengangkut sampah sebanyak puluhan karung. Sampah yang berhasil dikumpulkan untuk selanjutnya dibuang ke tempat pembuangan sampah.

"Kami bersama warga peloppr kebersihan berhasil mengangkat sampah dari aliran sungai di Dam Adi Maja, kurang lebih ada 32 karung," ujar Serma Agus Sumarna, Satgas Citarum Sektor 21-17, Jumat (26/3/2022).

Selain rutin melaksanakan karya bakti sungai, satgas juga masih konsisten awasi pelaku industri penghasil limbah cair yang ada di wilayah kawasan industri Kaha Group.

Pengawasan dilakukan melalui patroli sungai Citarik dan anak-anak sungai. Hal ini sebagai upaya agar setiap perusahaan atau industri penghasil limbah cair tetap konsisten melakukan pengolahan limbah secara baik.

Untuk kegiatan patroli pencemaran limbah industri, kata Serma Agus Sumarna, dilakukan mulai dari desa Solokanjeruk, Jalan Raya Rancaekek-Majalaya Km 03 hingga KM 07 Kecamatan Solokanjeruk.

Selain patroli sungai, Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 17 juga selalu menyampaikan tentang pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Hal itu disampaikan melalui komsos rutin harian kepada warga yang tinggal di sekitar bantaran sungai yang ada di wilayah Kecamatan Solokanjeruk.

"Sosialisasi dengan warga sekitar tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan sungai dari sampah. Agar tidak terjadi banjir di saat hujan yang di akibatkan sampah yang dibuang sembarangan ke sungai," ujar Serma Agus Sumarna. (Cuy)
×
Berita Terbaru Update