Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Sugianto Ajak Masyarakat Balog Gede Bandung Memahami dan Menjiwai 4 Pilar Kebangsaan

Jumat, 22 April 2022 | 22:27 WIB Last Updated 2022-08-25T13:47:01Z
Anggota DPRD Jabar Sugianto Nangolah saat sosiliasaikan 4 Pilar Kebangsaan di kelurahan Balong Gede Kec. Regol Kota Bandung (foto:youtube).
  

BANDUNG, Faktabandungraya.com,--  Anggota DPRD Jawa Barat H. Sugianto Nangolah, SH,M.Hum  dari Fraksi Demokrat menghimbau dan mengajak warga kelurahan Balong Gede Kecamatan Regol Kota Bandug untuk  memahami dan menjiwai apa yang terkandung dalam 4 pilar kebangsaan.


Himbauan dan ajakan Sugianto Nangolah ini, ia sampaikan saat melakukan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di RW 04 Kelurhanan Balong Gede kec. Regol kota Bandung, Juma’at (22/04/2022).

Sebelum memaparkan kandungan 4 Pilar Kebangsaan, anggota Legislatif Jabar dari Dapil Jabar I (Kota Bandung-kota Cimahi) ini, menyampaikan tentang kondisi provinsi Jabar saat ini.

Dikatakan Sugianto bahwa  Provinsi Jawa Barat saat ini masih menjadi daerah terluas dan terbesar di Indonesia , sehingga pada saat Pemilu 2019 lalu, kursi dan keanggotaan DPRD Jabar ditambah 20 kursi dari 100 kursi menjadi 120 kursi, karena jumlah angotanya ada 120 orang yang terbagi dalam 15 daerah pemilihan.

Selain memiliki wilayah yang cukup luas, saat ini juga jumlah penduduk Jabar sudah mencapai 50 juta jiwa. Sehingga bayak orang mengatakan, kalau perpolitikan menang di Jabar, maka menang secara nasional, sehingga betapa pentingnya Jawa Barat ini, ujarnya.

Adapun terkait sosialisasi 4 pilar kebangsaan merupakan tugas yang diberikan oleh MPR RI kepada kami selaku anggota DPRD Jabar, bahkan sejak tahun 2022 ini, kami mensosialisasikan 4 pilar kebangsaan ini setiap bulan sekali. 

Selain itu juga kami melakukan Sosialisasi Perda ( Sosper) dan kegiatan Reses yang turun langsung bertema masyarakat untuk menyerap aspirasi.

Kembali ke kegiatan sosialisasi 4 pilar kebangsaan, kenapa kami perlu sekali melakukan sosialisasi, karena setiap 5 tahun ada Pemilu, baik Pipres, Pilgub maupun Pilwalkot/ Pilbup termasuk juga pemilihan anggota legislative/ dewan.

Untuk itulah 4 pilar kebangsaan ini sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa, maka dihatirkan akan terjadi perpecahan ditengah masyarakat karena beda pilihan.  Hal ini, kita ketahui bahwa banyak Negara –negara lain terjadi perpecahan akibat dampak dari hasil Pemilu.  

Nah agar NKRI tetap utuh dan berdiri kokoh maka, 4 pilar kebangsaan ini sangat penting dalam mempererat bernegara dan berbangsa, ujar Sugianto yang juga Wakil KEtua Komisi III DPRD Jabar ini.

Lebih lanjut Sugianto menyampaikan bahwa dalam 4 pilar kebangsaan tersebut terdiri dari kesatu : Pancasila sebagai dasar Negara kita. Bahkan satu satunya negera di dunia yang punya Pancasila hanyalah Indonesia. Dan Pancasila diakui oleh Negara –negara lain, bahkan salut kepada Indonesia karena punya Pancasila.

Pilar Kedua Yaitu UUD 1945 yang merupakan konstitusi kita dalam bernegara, Pilar ke tiga yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“ Kalau kata orang, NKRI harga Mati , ya memang harus kita sebagai anak bangsa mempertahan keutuhan NKRI”, ujarnya.

Warga Balong Gede  sangat antusias mendengarkan paparan Sugianto dalam sosialisasi 4 pilar kebangsaan (foto:youtube)

Sedangkan pilar terakhir atau ke empat yaitu Bhineka Tuggal Ika, yang mengandung makna walaupun kita berbeda, suku, agam dan ras, kita tetap satu yaitu Indonesia.

Lebih lanjut Sugianto mengatakan, dua tahun lagi kita akan menghadapi Pemilu, nah disinilah yang menjadi tantangan kita bersama, karena tidak sedikit orang lemah  dalam pengetahuan, agama maupun  kebangsaan.

Tantangan selanjut, tingginya rasa kedaerahan  atau sukuisme,  bahkan kini semakin rendahnya rasa kebhinekaan kita terhadap keanekaragaman dalam bernegara. Selain itu, saat ini, kita susah mencari tokoh yang menjadi panutan untuk dipatuhi. Dan terakhir, tidak tegaknya hukum yang berkeadilan.

Jadi inilah pentingnya 4 Pilar Kebangsaan bagi kita dan seluruh warga Negara Indonesia, tandasnya. (Adip/husein).   

×
Berita Terbaru Update