Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Batalyon Zipur 3/YW Gebyar Penanaman Benih Jagung untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan

Rabu, 20 Juli 2022 | 20:26 WIB Last Updated 2022-07-21T03:33:14Z


BANDUNG, faktabandungraya.com
,- Dalam rangka mensukseskan program ketahanan pangan, Satuan Batalyon Zeni Tempur 3/Yudha Wyogra melaksanakan gebyar penanaman bibit jagung di lahan yang berada di lingkungan Markas Yon Zipur 3/YW, Pangalengan, Kabupaten Bandung, Rabu (20/7/2022). 


Dijelaskan Komandan Batalyon Zipur 3/YW, Mayor Czi Ryan Yustian, S.E., M.Han, kegiatan penanaman ini sebagai tindak lanjut apa yang sudah diperintahkan dan ditekankan oleh bapak KASAD TNI kepada satuan jajaran TNI AD, dalam membantu meningkatkan ketahanan pangan masyarakat. 


"Khususnya untuk Kodam 3 Siliwangi, kami juga ditekankan oleh bapak pangdam agar seluruh satuan melaksanakan penanaman jagung ataupun sawah dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan," jelas Dan Yon Zipur 3. 


Selain di lahan yang ada di lingkungan markas, Batalyon Zipur 3/YW akan menanam di 2 titik lahan lain. Yakni, lahan di Jelekong dan Manggahang, Kabupaten Bandung. 


"Tanah-tanah (lahan) tersebut merupakan tanah pengawasan yang ditanggungjawabkan kepada Yon Zipur 3. Sehingga lahan tersebut lebih produktif," ungkap Mayor Czi Ryan. 


Setelah benih jagung yang ditanam tumbuh dan berbuah, nantinya hasil panen jagung akan dibagikan kepada masyarakat yang ada di lingkungan Yon Zipur, khususnya bagi warga desa Marga Mekar, Pangalengan. 


"Untuk hasil panen nya nanti akan diberikan kepada masyarakat, sebagai wujud TNI manunggal dengan rakyat," tuturnya. 


Menurutnya, program ketahanan pangan ini bisa ikut membantu ataupun mensejahterakan masyarakat, khususnya warga di sekitar lingkungan Yon Zipur 3. Untuk itu, dirinya berharap hasil panen nanti bisa maksimal sehingga dapat memberikan manfaat yang sebanyak-banyak nya untuk warga. 


"Untuk hasil, kami menargetkan hasil sebanyak-banyaknya. Karena semakin banyak hasil panen nanti, akan semakin banyak juga membantu masyarakat di sekitar," 


Gebyar penanaman jagung yang digelar Batalyon Zipur 3/YW juga dihadiri oleh Forkopimcam Pangalengan dan tokoh masyarakat sekitar. 


Mewakili Forkopimcam, Kapolsek Pangalengan, Kompol Imron Rosyadi, S.Ag menyampaikan, inisiasi penanaman yang dilakukan ini sangat bagus sekali dan dapat memotivasi masyarakat. 


Sementara, Kepala Desa Marga Mekar, Aep Saepudin mengaku siap membantu dalam mensukseskan program ketahanan pangan yang dilaksanakan Yon Zipur 3/YW. 

"Insya allah kami akan membantu, baik itu pemeliharaan, terutama support untuk pemberian pupuk selama usia dua puluh hari penanaman," ujarnya. 

Terimakasih kepada Yon Zipur 3 yang telah peduli melalui program ketahanan pangan. Dan mudah-mudahan warga Marga Mekar setelah ini bisa panen, warga akan menikmati hasil karya Yon Zipur 3 ini," pungkasnya. (Cuy)

×
Berita Terbaru Update