Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Sugianto Nangolah Ajak Warga Cigugur Tengah Cimahi Memahami dan Mengamalkan Makna 4 Pilar Kebangsaan

Kamis, 25 Agustus 2022 | 20:54 WIB Last Updated 2022-08-25T13:54:45Z
Anggota DPRD Jabar H. Sugianto Nangolah, SH, MH  dari FraksiDemokrat melaksanakan sosialisasi 4 Pilar Kabngsaan di Kel. Cugugur Tengah Kota Cimahi


  

CIMAHI, Faktabandungraya.com Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat H. Sugianto Nangolah, SH., MH dari Dapil Jabar I (Kota Bandung dan Kota Cimahi)  melaksanakan kegiatan 4 Pilar Kebangsaan dalam rangka Citra Bhakti/Parlemen dalam Sketsa Kebangsaan yang diselenggarakan di Jl.Abdul Halim RT.05 RW.07, Kelurahan Cigugur Tengah, Kecamatan Cimahi Tengah Kota Cimahi. Kamis, (25/08/2022).


Sebelum memerikan paparan terkait sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Sugianto Nangolah yang juga Bendara Fraksi Partai Demokrat DPRD Jabar ini mengatakan, bahwa kegiatan sosialisasi 4 pilar kebangsaan merupakan tugas yang diberikan oleh MPR RI kepada kami selaku anggota DPRD Jabar. Bahkan sejak tahun 2022 ini, kami mensosialisasikan 4 pilar kebangsaan ini setiap bulan sekali di daerah pemilihan masing-masing.

Sugianto Nangolah yang juga Bendahara Fraksi Demokrat DPRD Jabar ini  dalam paparannya mengatakan, 4 Pilar Kebangsaaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal ika) merupakan satu kesatuan dalam mewujudkan kehidupan masyarakat yang adil, makmur, dan bersatu dalam bingkai NKRI.

Untuk itulah, sosialisasi 4Pilar Kebangsaan sangatlah penting bagi seluruh anak bangsa  dalam rangka membangun kesadaran bersama di tengah-tengah masyarakat, ujarnya.

“Mari kita sama-sama memahami dan mengamalkan makna yang terkandung dalam 4 pilar kebangsaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara demi keutuhanan NKRI”, ajak Sugianto yang juga Wakil Ketua Komisi III DPRD Jabar ini kepada warga Cigugur Tengah kota Cimahi.

Ia juga menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi 4 pilar kebangsaan sangat perlu sekali disosialisasikan, karena setiap 5 tahun ada Pemilu, baik Pipres, Pilgub maupun Pilwalkot/ Pilbup termasuk juga pemilihan anggota legislative/ dewan.

Untuk itulah 4 pilar kebangsaan ini sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa, maka dihatirkan akan terjadi perpecahan ditengah masyarakat karena beda pilihan.  Hal ini, kita ketahui bahwa banyak Negara –negara lain terjadi perpecahan akibat dampak dari hasil Pemilu. 

Nah agar NKRI tetap utuh dan berdiri kokoh maka, 4 pilar kebangsaan ini sangat penting dalam mempererat bernegara dan berbangsa, ujar Politisi  Demokrat Jabarini.

Lebih lanjut Sugianto menyampaikan bahwa dalam 4 pilar kebangsaan tersebut terdiri dari kesatu : Pancasila sebagai dasar Negara kita. Bahkan satu satunya negera di dunia yang punya Pancasila hanyalah Indonesia. Dan Pancasila diakui oleh Negara –negara lain, bahkan salut kepada Indonesia karena punya Pancasila.

Pilar Kedua Yaitu UUD 1945 yang merupakan konstitusi kita dalam bernegara, Pilar ke tiga yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Warga  Cigugur Tengah cukup antusias mengikuti sosialisasi 4 Pilar
 Kebangsaan yg disampaikan oleh Anggota DPRD Jabar
H. Sugianto Nangolah, SH, MH dari Fraksi Demokrat  (foto:ist).





“ Kalau kata orang, NKRI harga Mati , ya memang harus kita sebagai anak bangsa mempertahan keutuhan NKRI”, ujarnya.

Sedangkan pilar terakhir atau ke empat yaitu Bhineka Tuggal Ika, yang mengandung makna walaupun kita berbeda, suku, agam dan ras, kita tetap satu yaitu Indonesia.

Lebih lanjut Sugianto mengatakan, dua tahun lagi kita akan menghadapi Pemilu, nah disinilah yang menjadi tantangan kita bersama, karena tidak sedikit orang lemah  dalam pengetahuan, agama maupun  kebangsaan.

Tantangan selanjut, tingginya rasa kedaerahan  atau sukuisme,  bahkan kini semakin rendahnya rasa kebhinekaan kita terhadap keanekaragaman dalam bernegara. Selain itu, saat ini, kita susah mencari tokoh yang menjadi panutan untuk dipatuhi. Dan terakhir, tidak tegaknya hukum yang berkeadilan.

Jadi inilah pentingnya 4 Pilar Kebangsaan bagi kita dan seluruh warga Negara Indonesia, tandasnya. (Adip/husein). 

×
Berita Terbaru Update