Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Jelang Pemilu 2024, KPU dan PWI Kota Bandung Berkomitmen Tekan Sebaran Berita Hoaks

Rabu, 28 September 2022 | 20:15 WIB Last Updated 2022-09-28T13:15:57Z

Komisioner KPU foto bersama  Pengurus dan Anggota PWI Kota Bandung usai Rapat Kerja



 BANDUNG, Faktabandungraya.com,-- Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bandung miliki kesamaan pandangan terkait bahayanya berita bohong atau hoaks, bahkan keduanya berkomitmen untuk sama-sama menekan laju sebaran hoaks terlebih menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di 2024.


Penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada 2024 di Kota Bandung  diharapkan dapat berjalan baik dan jurdil, sehingga kota Bandung tetap terjaga kondusifitasnya.

Hal ini dikatakan Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Bandung, Ahmad Nur Hidayat dalam rapat kerja antara KPU Kota Bandung dengan Pengurus dan anggota  PWI Kota Bandung,  di Newton Hotel Bandung, Rabu 28 September 2022.

Ahmad Nur HIdayat mengatakan, tahun 2022 hingga waktu pencoblosan 14 Februari 2024 merupakan tahun politik. Biasa menjelang tahun politik 2024 , banyakbersebaran berita-berita bohong atau hoaks. Untuk itu, KPU menggandeng PWI Kota Bandung  untuk mengantisipasi terkait sebaran hoaks tersebut.

Berita Hoaks yang sengaja disebar oleh oknum yang tidak bertaggung jawab  tentunya punya maksud tertentu. Hal ini tentunya  akan berimbas dan merusak domokratis  pada penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada 2024.

"Kita khawatir, sebab seharusnya masyarakat mendapat kebutuhan informasi yang valid tetapi malah termakan hoaks. Dan ini perlu keterlibatan serta kerjasama semua pihak termasuk dengan PWI Kota Bandung," ujar Ahmad Nur.

Sementara itu, Ketua PWI Kota Bandung, Hardiyansyah menegaskan bahwa pihaknya sangat konsen menekan dan melawan hoaks.

Menurutnya, dalam beberapa kasus, hoaks juga digunakan sebagai media untuk adu domba, menyebar fitnah, mencemarkan nama baik, membuat kepanikan serta menjatuhkan orang atau golongan tertentu.

"Hoaks bisa menjadi pemicu munculnya keributan, keresahan, perselisihan bahkan ujaran kebencian. Dan tentu saja sumbernya yang tak bisa dipertanggungjawabkan. Ini menjadi tugas berat kami sebagai insan pers dalam memeranginya terlebih lalu lintas informasi di era digital begitu sulit untuk dibendung," ujarnya.

Menyinggung partisipasi masyarakat terlebih kaum disabilitas, disampaikan Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Infirmasi, Adi Prasetyo sejauh ini pihaknya intens berkolaborasi dan turut membangun komunikasi dengan masyarakat pemilih khususnya masyarakat difabel.

Ketua PWI Kota Bandung Hardiyansyah (tengah) bersama
Komisioner KPU Kota Bandung saat raker di Hotel Newton Bandung


 
"Alhamdulillah kami terus berkomunikasi dengan mereka, memberikan pendidikan bahkan mereka pun memiliki website news difabel yang berisi terkait keberadaan mereka," ujarnya.


Perlu diketahui, KPU Kota Bandung belum lama ini telah meluncurkan tahapan pemilu yang dimulai sejak 14 Juni 2022. Setidaknya ada lima tahapan yang yang dijadwalkan mulai berlangsung di tahun 2022.

Di tahun 2022, alur tahapannya ada Perencanaan program dan anggaran, Pendaftaran dan verifikasi peserta Pemilu, Pemuktahiran data pemilih dan penyusunan data pemilih, Penetapan jumlah kursi dan penetapan Dapil, serta Pencalonan anggota DPD.

Dari tahapan pemilu tersebut dikabarkan tidak akan jauh berbeda dengan Pemilu tahun 2019. Dasarnya kepada Undangan Undangan Nomor 7 tahun 2017. Bahkan saat ini, KPU telah mengeluarkan peraturan KPU nomor 3 tahun 2022 tentang tahapan dan jadwal pemilu. (*/red).

×
Berita Terbaru Update