Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Warga Depok Keluhkan Mahalnya Biaya Pemakaman, Hasbullah : Pemkot Depok Harus Sediakan Lahan TPU

Selasa, 06 Desember 2022 | 07:37 WIB Last Updated 2022-12-09T00:51:24Z
TPU Kalimulya yang dikelolan Pemkot Depok, (foto:ist).


 
DEPOK, Faktabandungraya.com,--  Beberapa tahun belakangan ini,  biaya pemakaman  di Kota Depok  terus naik, sehingga bagi warga yang akan memakamkan keluarganya harus menyiapkan dana yang cukup besar. 

Mahalnya biaya pemakaman di wilayah kota Depok tentuya tidak terlepas dari  kondisi pemakaman TPU (Tempat Pemakaman Umum)  yang disediakan oleh pemerintah kota Depok lahannya sudah penuh dan bahkan sudah terjadi tumpang tindih.  Sehingga sebagian warga Depok terpaksa memakamkan keluarganya di tempat pemakaman yang dikelola dikelola mandiri oleh masyarakat ataupun pihak swasta.

Keluhan warga Depok ini disampaikan  perwakilan warga kepada anggota DPRD Jabar H.M.Hasbullah Rahmad, SPd, M.Hum  saat melaksanakan kegiatan sosialisasikan Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya, beberapa waktu lalu.

Menanggapi aspirasi atau keluahan warga Depok tersebut,  Hasbullah Rahmad dari Dapil kota Depok-kota Bekasi ini mengatakan, hal ini seharusnya tidak perlu terjadi, andaikan Pemerintah Kota Depok menyediakan dapat TPU di setiap pemerintah kewilayahan / kecamatan.

“ Kedepan kita dorong pemerintah Kota Depok dapat  menyediakan lahan dan membangun  TPU disetiap kecamatan.  Selama lahan TPU belum tersedia, pasti akan berdampak tingginya  biaya pemakaman”, ujar Bang Has—sapaan—Hasbullah Rahmad dilansir dari Radar Depok, Senin (5/12/2022).

Di kota Depok ini, hanya ada 2 TPU yang dikelola oleh Pemkot Depok yaitu TPU Pasir dan TPU Kalimulya. Kini di kedua TPU tersebut  sudah penuh sehingga sudah tidak mampu menampung pemakaman baru.  Walaupun masih bisa , itu juga sudah tumpang tindih.  Sehingga warga untuk  memakamkan keluarganya terpaksa dilakukan ditempat pemakaman mandiri yang dikelola masyarakat atau pihak swasta.

Lantas apa solusinya untuk mengatasi semakin mahalnya biaya pemakaman ?... Ya, solusinya kata politisi PAN Jabar ini  yaitu dengan cara pemerintah harus membeli lahan dan membangun TPU di setiap kecamatan. 

Anggota DPRD Jabar H.M Hasbullah Rahmad, SPd, M.Hum dari FPAN


Atau bisa juga Pemkot Depok memanfaatkan fasos dan fasum  yang terdapat di kewilayahan/kecamatan masing-masing.  Sehingga,  masyarakat tidak kesulitan mengakses pemakaman bagi keluarga yang memakamkan keluarganya yang telah meninggal dunia,  sehingga biaya pemakaman  jauh lebih murah dari biaya pemakaman swasta, ujarnya.


Untuk membeli lahan yang akan dijadikan TPU tentunya harus disediakan anggaran dari APBD Kota Depok, bahkan dapat juga mengajukan ke Provinsi Jabar agar dapat bantuan anggaran untuk membeli lahan TPU.

“Pembelian lahan untuk TPU  harus segera mungkin, mengingat setiap hari ada kelahiran dan kematian .  Bahkan angka kematian terus meningkat jumlahnya, tandasnya. (AdiP/dbs/ahw).

 

×
Berita Terbaru Update