Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Syamsul Bachri : Peran Strategis Pers Ditahun Politik Dalam Mengedukasi Masyarakat

Kamis, 09 Februari 2023 | 23:52 WIB Last Updated 2023-02-12T16:55:04Z
Anggota DPRD Jabar H.SyamsulBachri,SH, MBA mengucapkan selamat HPN 2023


 
BANDUNG,  Faktabandungraya.com,---  Pers Nasional Indonesia kini memasuki usia ke-76 tahun.  Diusia yang cukup dewasa ini, Anggota DPRD Jawa Barat H. Syamsul Bachri, SH, MBA dari Fraksi PDIPmengatakan, insan pers sebagai penyebar informasi  dituntut agar lebih professional dalam mengedukasi masyarakat dan memberitakan pembangunan yang sesuai dengan fakta.

Insan pers diharapkan tetap konsisten dalam menyampaikan informasi yang baik dan benar sesuai fakta sebagai penangkal informasi hoak, karena pers merupakan salah satu Pilar Demokrasi, sehingga mempunyai peran strategis, kata politisi PDI Perjuangan dari Dapil Jabar XII (Kab/kota Cirebon –Kab Indramayu) ini.

Menurut Syamsul Bachri, Pers Merdeka atau Kebebasan Pers  diatur dalam Undang –undang Pers No 40 tahun 1999, namun kekebasan dalam menyampaikan pemberitaan harus yang bertanggungjawan.

Pemberitaan yang bertanggung jawab adalah pemberitaan yang dikonfirmasi kebenarannya menggunakan prinsip-prinsip kode etik jurnalistik sebagaimana diatur dalam Undang-undang Pers. Sehingga tidak ada masyarakat yang dirugikan atas pemberitaan pers, kata Syamsul anggota Badan Pembentukan Perda DPRD Jabar ini.

Ia juga mengingatkan,  agar insan pers untuk terus mawas diri dan memperbaiki kualitas pemberitaan,  dan sedapat mungkin untuk menghindari tren pemberitaan yang bias, provokatif, dan judul berita bombastis hanya sekeder mengejar  clickbait. Hal ini sedapat mungkin harus dihindari.

Lebih lanjut, mantan Ketua DPC PDIP Kab Indramayu ini mengatakan,  tahun  2023 ini merupakan tahun politik menjelang Pemilu 2024. Tidak mengherankan akan bermunculan media online yang dibuat hanya untuk kepentingan pihak tertentu, dalam mencari keuntungan pribadi.

Pers Nasional sebagai pilar demokrasi  seharusnya tetap menjaga independensi media demi kepentingan kemajuan bangsa dan Negara, ujar Syamsul.

Insan pers harus bahu membahu demi tegaknya pilar demokrasi, jangan sampai tercoreng tindakan oknum yang tidak bertanggungjawab, tidak professional, sehingga masyarakat dibingungkan dengan kualitas pemberitaan dan informasi yang tidak objektif, berimbang dan  tedednsius, apalagi sampai hoaks.  

Di sisi lain, Syamsul juga berharap di Hari Pers Nasional ke 76 ini , hendaknya dijadikan momentum  bagi insan pers untuk lebih meningkatkan kompetensinya, profesionalismenya dan independensinya. Sehingga  mampu menyuguhkan berita yang kridibel, sesuai fakta  serta memberikan edukasi masyarakat, ujarnya.

“Selamat Hari Pers Nasional, maju terus Pers Indonesia , Pers Merdeka”.  (AdiP/Yad). 


×
Berita Terbaru Update